BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sekolah Pelita Harapan

Sekolah Pelita Harapan Sediakan Beasiswa Rp 33 Miliar untuk Siswa Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 22/09/2021, 08:02 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comSekolah Pelita Harapan (SPH) menyediakan beasiswa bagi siswa yang cerdas dan berbakat melalui program SPH Breakthrough Scholarships. Total beasiswa yang disiapkan mencapai Rp 33 miliar.

Dengan beasiswa tersebut, pendidikan bertaraf internasional di SPH pun dapat dirasakan oleh siswa dari seluruh Indonesia.

Executive Director SPH Matthew Mann mengatakan bahwa program SPH Breakthrough Scholarships diharapkan dapat membantu anak-anak muda memulai kisah sukses semenjak dari bangku sekolah.

Baca juga: Sekolah Pelita Harapan Buka Beasiswa bagi Siswa Se-Indonesia, Senilai Rp 33 Miliar

Beasiswa ini akan memungkinkan anak-anak berbakat dan berprestasi untuk mewujudkan impian mereka dengan diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan dalam lingkungan belajar terbaik di SPH,” ujar Matthew dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut Matthew menjelaskan, SPH Breakthrough Scholarships akan diberikan kepada siswa yang mampu menunjukkan keunggulan dalam bidang akademik, kepemimpinan, dan karakter.

SPH menyediakan berbagai kategori beasiswa berdasarkan kelompok usia tertentu. Siswa, mulai dari kelas 7 hingga 11 dengan latar belakang nasional atau internasional, dapat mengajukan program beasiswa tersebut.

“Program SPH Breakthrough Scholarships dilengkapi dengan keringanan biaya sekolah hingga 100 persen. Kursi yang tersedia dalam beasiswa ini pun terbatas. Jika siswa berhasil dalam aplikasi, mereka akan diberikan beasiswa sampai lulus dari SPH,” papar Matthew.

Baca juga: Dua Siswa Sekolah Pelita Harapan Raih Nilai Ujian IBDP Tertinggi Dunia

Siswa yang memperoleh beasiswa SPH Breakthrough Scholarships, imbuh Matthew, juga memiliki berbagai peluang dalam membangun kredibilitas sejak di bangku sekolah. Dengan demikian, kesempatan untuk berkuliah di universitas ternama dunia semakin terbuka lebar.

Sebagai informasi, beasiswa tersebut tersedia di semua cabang SPH, yaitu Lippo Village, Sentul City, Lippo Cikarang, Kemang Village, dan Pluit Village. Calon penerima beasiswa pun bisa memilih cabang SPH sesuai dengan preferensi masing-masing. Bagi siswa dari luar kota, SPH juga memiliki fasilitas asrama di SPH Sentul City.

Manfaat beasiswa dari SPH dirasakan oleh Cleon Amadeus Surya. Adapun pemenang kompetisi catur internasional ini kini duduk di bangku kelas 9. Cleon pun telah mendapatkan beasiswa sejak duduk di kelas 7.

Ibu dari Cleon, Joan Surya, menceritakan pendaftaran hingga proses seleksi program beasiswa di SPH Kemang Village.

Baca juga: Cegah Corona, Siswa Sekolah Pelita Harapan Sementara Belajar dari Rumah

“Saya ingat pendaftaran dan proses aplikasinya cukup ketat dan terperinci. Saya sempat khawatir apakah anak saya akan lolos tahap pertama. Syukurlah, anak saya berhasil mendapatkan beasiswa,” ujar Joan.

Ia menambahkan, anaknya merasa tertantang untuk mendaftar beasiswa. Pasalnya, SPH menetapkan standar yang tinggi terhadap calon penerima beasiswa. Joan pun menilai, hal itu sesuai dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh SPH.

“Semenjak bersekolah di SPH Kemang Village, saya melihat ada banyak perubahan yang luar biasa terjadi dalam diri Cleon, terutama dalam kemampuan nalar atau proses berpikirnya dan juga dalam keterampilan public speaking,” kata Joan.

SPH juga mendukung bakat Cleon dalam catur dan matematika. Ia pun merasa yakin bahwa keputusan mengajukan beasiswa di SPH Kemang Village merupakan pilihan tepat.

Untuk diketahui, pendaftaran program SPH Breakthrough Scholarships sudah dibuka mulai dari 20 September hingga 20 Oktober 2021. Bagi orangtua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya sebagai penerima beasiswa bisa mengunjungi situs web berikut ini.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com