Kompas.com - 21/09/2021, 18:57 WIB
Ilustrasi kuliah di Belanda Jacob Ammentorp LundIlustrasi kuliah di Belanda
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk meringankan biaya pendidikannya baik di dalam maupun luar negeri.

Ada program beasiswa yang menanggung 100 persen biaya pendidikan, ada pula yang hanya membantu meringankan sebagian biayanya.

Jika kamu termasuk salah satu anak muda yang punya impian kuliah di Jepang, program beasiswa yang satu ini jangan sampai terlewatkan.

Program-program kelas internasional dengan pengantar berbahasa Inggris dibuka di sejumlah universitas di Jepang. Salah satunya ditawarkan oleh Universitas Hokkaido.

Baca juga: Videonya Viral di TikTok, Ini Perjuangan Gray Zain Kuliah di Usia 58

Program Modern Japanese Studies Program (MJSP)

Universitas negeri di Jepang ini telah berusia 145 tahun dan menduduki peringkat 6 di Jepang menurut The World University Ranking 2021. Hokkaido University membuka program beasiswa kuliah pada program Modern Japanese Studies Program (MJSP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari website https://www.oia.hokudai.ac.jp/mjsp/for-prospective-students/how-to-apply/, Selasa (21/9/2021), MJSP merupakan program Sarjana bagi mereka yang tertarik mempelajari Masyarakat dan Budaya Kontemporer Jepang, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi Politik.

MJSP merupakan program bergelar sarjana dalam dua bahasa, dengan masa studi selama 4 tahun. Program diawali dengan enam bulan kursus bahasa Jepang intensif. Kemudian peserta akan memulai kuliah dengan bahasa Jepang.

Program beasiswa

1. Universitas Hokkaido memiliki program beasiswa bagi mahasiswa peserta Program Studi Jepang Modern (MJSP). Rincian program tersebut diuraikan di bawah ini:

  • Gratis biaya kursus bahasa Jepang intensif untuk pendaftar Oktober 2022.
  • Gratis biaya pendaftaran dan kuliah untuk tahun akademik 2022/2023 bagi pendaftar gelar Sarjana.
  • Pada tahun kedua perkuliahan dan setelahnya, beasiswa biaya kuliah akan diberikan hanya untuk siswa terpilih berdasarkan nilai akademik.

Baca juga: Punya IPK 2,69, Bagus Muljadi Jadi Asisten Profesor Termuda di Inggris

2. Jika tidak terpilih untuk mendapatkan bantuan pendidikan, mahasiswa dapat mengajukan keringanan biaya kuliah penuh, setengah, atau seperempat jika menghadapi masalah keuangan. Keringanan tersebut didapat dengan menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa.

Selain itu, ada beasiswa yang tersedia dari organisasi swasta. Bagi mereka yang ingin mendaftar untuk program tersebut dapat mengajukan beasiswa setelah diterima di Program MJSP.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.