Kompas.com - 22/09/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jika kamu menyukai tantangan dan hal-hal baru, menempuh pendidikan di luar negeri bisa dicoba.

Menempuh pendidikan di negara lain tentu bisa mendatangkan banyak manfaat lainnya. Apalagi jika kamu berhasil lolos ke perguruan tinggi bergengsi di luar negeri.

Beberapa manfaat yang bisa diraih jika kuliah di luar negeri seperti mendapatkan pendidikan berkualitas, mempelajari perspektif baru hingga memperluas jaringan internasional.

Dengan berbagai manfaat ini, belajar di luar negeri mungkin menjadi salah satu pengalaman yang harus diicipi bagi seseorang.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Jepang, Daftar Beasiswa MJSP Hokkaido University

Keuntungan kuliah di luar negeri

Beberapa negara populer yang kerap menjadi pilihan banyak siswa untuk melanjutkan pendidikan adalah Australia, Amerika, Inggris, Belanda, Singapura, Malaysia serta Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir laman ican-education, Rabu (22/9/2021), ada banyak keuntungan belajar di perguruan tinggi luar negeri. Yuk simak bersama keuntungan kuliah di luar negeri berikut ini:

1. Pendidikan tinggi berkualitas

Dengan belajar di kampus luar negeri kamu akan memiliki kesempatan mengalami gaya pendidikan yang berbeda. Dengan mendaftar di program studi (prodi) di perguruan tinggi luar negeri, kamu memiliki kesempatan untuk melihat sisi jurusan yang mungkin belum pernah diketahui.

Calon mahasiswa akan menjalani sistem pendidikan yang berbeda. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk benar-benar mengalami dan memahami orang-orang, tradisi, dan budaya di negara tersebut.

Baca juga: 3 Universitas Berkualitas dan Terjangkau di Singapura

2. Kesempatan melanjutkan gelar pascasarjana

Pihak universitas dengan gelar pascasarjana sangat memperhatikan pengalaman belajar di luar negeri. Siswa yang belajar di luar negeri biasanya menunjukkan keragaman dan menunjukkan mereka tidak takut mencari tantangan baru atau menempatkan diri dalam situasi yang sulit.

Selain itu, belajar di luar negeri juga menunjukkan komitmen terhadap pendidikan yang tengah dijalani. Mahasiswa yang berkesempatan belajar di luar negeri menunjukkan memiliki rasa ingin tahu dan kecerdasan tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.