Kompas.com - 23/09/2021, 16:34 WIB
Suku Talang Mamak merupakan suku asli dari Indragiri, Riau Tangkap layar Instagram Kemendikbud RistekSuku Talang Mamak merupakan suku asli dari Indragiri, Riau
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki banyak sekali suku, etnik dan budaya. Hingga saat ini keberadaan suku-suku asli di tiap daerah masih terjaga.

Sesuai sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah suku di Indonesia sekitar 1.340 suku bangsa.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, dari jumlah suku yang terdata itu, Suku Jawa merupakan kelompok yang terbesar di Indonesia. Jumlahnya itu mencapai 41 persen dari total populasi di Indonesia.

Keberagaman suku yang ada di Indonesia juga selalu disampaikan di mata pelajaran di tiap jenjang sekolah. 

Baca juga: UM Surabaya Berikan Beasiswa bagi Putra-Putri Perawat dan Bidan

Meski Indonesia dikenal dengan keberagamannya, semua suku bangsa dipersatukan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang sudah dipegang teguh sejak dulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tiap-tiap suku atau etnik dari Indonesia saat ini masih hidup dengan terus mempertahankan adat dan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Beberapa suku yang sudah biasa didengar namanya selain suku Jawa, ada juga suku Baduy, suku Dayak, suku Asmat dan Suku Dani. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang suku Talang Mamak?

Melansir dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kamis (23/9/2021) memaparkan tentang keberadaan suku Talang Mamak.

Suku Talang Mamak merupakan suku asli dari Indragiri, Riau. Mereka menyebut dirinya sebagai Suku Tuha yang maknanya adalah suku pertama yang datang dan lebih berhak terhadap sumber daya di Indragiri Hulu.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Jepang, Daftar Beasiswa MJSP Hokkaido University

Mitos tentang suku Talang Mamak

Menurut mitos, suku Talang Mamak merupakan keturunan Adam ketiga yang berasal dari kayangan dan turun ke bumi. Tepatnya ke Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kemudian menetap di Sungai Tunu, Pesisir Selatan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.