Kompas.com - 24/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi anak belajar matematika ThinkstockIlustrasi anak belajar matematika

KOMPAS.com - Salah satu tantangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kini masih menjadi pilihan selain Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas ialah menilai sejauh mana murid menguasai pelajaran dan keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan.

Menciptakan proses pembelajaran bermakna di masa pandemi sejatinya bukan hanya memberikan tugas dan mengumpulkan tugas saja. Mengasah kemampuan analisis kritis murid juga menjadi aspek penting sebagai bekal keterampilan yang dibutuhkan masa depan.

Menghadirkan proyek bermakna yang bersifat kontekstual berbentuk pemecahan masalah dan analisis mendalam menjadi salah satu cara yang dilakukan Sekolah Cikal-Amri Setu untuk mengasah kemampuan analisis kritis murid.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Melalui framework International Baccalaureate (IB), Sekolah Cikal Amri Setu menghadirkan pameran Theory of Knowledge (TOK Exhibition), sebagai rangkaian asesmen program belajar Theory of Knowledge yang berfokus pada pengembangan analisis kritis dan hubungan antara kerangka konseptual dan ilmu pengetahuan bagi kelas 12 dengan tema “Questioning questions: To know the world, know thyself.”, yang berlangsung pekan lalu.

Beberapa murid Sekolah Cikal-Amri Setu mengeksplorasi gagasannya dalam TOK Exhibition.Dok. Sekolah Cikal Beberapa murid Sekolah Cikal-Amri Setu mengeksplorasi gagasannya dalam TOK Exhibition.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mempertanyakan kebenaran pengetahuan

Menurut Dita Anissa Johar selaku ketua pelaksana pameran TOK dan juga pendidik program TOK, program belajar TOK menjadi salah satu program belajar di Cikal yang membahas mengenai hakikat ilmu pengetahuan yang juga berkaitan erat dengan epistemologi.

“Proses belajar ini lebih dari sekadar menghafal fakta, dan menulisnya dalam ujian. Mengembangkan kompetensi cerdas dalam diri murid itu adalah tentang membangun pemahaman tentang pengetahuan itu sendiri dan penerapannya dalam kondisi kehidupan nyata," tutur Dita dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 di Malaysia dan Pilihan Kampus Terbaik 2022

Menurutnya, itulah tujuan dari program Teori Pengetahuan (Theory of Knowledge) yang terkait erat dengan Epistemologi sebagai cabang dari filsafat yang membahas mengenai pengetahuan, mencakup sumber pengetahuan, asal mula pengetahuan, sifat-sifat dan kebenaran dari pengetahuan itu sendiri.

Sementara itu, Head of School Cikal, Tari Sandjojo menyampaikan bahwa program TOK sendiri berarti mengasah kemampuan murid untuk mempertanyakan beragam pertanyaan itu sendiri dan memahami diri sendiri sebelum memahami hal atau orang lain dalam dimensi kecerdasan, reflektif, dan komunikatif.

"Murid-murid tidak hanya belajar tentang subyek tertentu, tapi juga memahami diri sendiri. Murid diberikan kesempatan untuk eksplorasi berbagai hal, dari teknologi, sejarah, dan bahasa, dan merefleksikan hal-hal ini berkaitan dengan cara berpikir, value and believes, kemudian alasan personal diri “mengapa kamu melakukan hal yang kamu lakukan, dan juga mengapa orang lain melakukan yang mereka lakukan” yang mengasah kecerdasan, kemampuan melakukan refleksi, dan komunikasi dalam sebuah wacana analisis kritis," tutur Tari.

Hubungkan pengetahuan dengan kejadian sekitar

Pameran TOK juga dilakukan sebagai rangkaian asesmen program belajar TOK bagi murid kelas 12 yang memilih program ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.