Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2021, 11:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Banyak pelajar yang selalu bingung menghadapi soal-soal matematika. Rumus yang sulit, hitungan yang banyak dan hafalan yang sering menyulitkan pelajar kadang menjadi momok buat sebagian pelajar.

Beberapa pelajar, kalau sudah memasuki jam belajar matematika di kelas kadangkala nampak lesu dan ogah-ogahan mengerjakannya. Tak heran, mayoritas pelajar seringkali memilih matematika menjadi subjek pelajaran tersulit dari pelajaran lainnya. 

Padahal, mengerjakan soal matematika itu tidak sesulit yang selama ini kamu bayangkan. Selama kamu mengikuti pembelajaran yang ada. Jadi, jangan anti dulu sama belajar matematika karena dilansir dari goKampus, ada tips dan trik belajar matematika tanpa terasa susah.

Baca juga: Mahasiswa Jurusan Matematika, Ini 5 Cara Belajar yang Efektif

6 cara mudah belajar matematika

1. Pelajari rumusnya

Belajar matematika itu adalah belajar ilmu yang pasti sehingga dibutuhkan sebuah rumus untuk menjawab soal tersebut.

Tips yang pertama agar kamu gak kesulitan belajar matematika adalah pelajari rumus dari setiap hitungan yang diberikan. Sekilas, soal matematika memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Namun kalau kamu sudah dapat benang merah rumusnya bekerja, kamu bakal dengan mudah untuk mengerjakan soalnya.

2. Cari suasana baru yang tenang dan menyenangkan

Cara belajar matematika yang satu ini juga bisa kamu terapkan untuk meningkatkan konsentrasi kamu ya. Kamu juga bisa mencari suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar seperti di alam terbuka, pinggir sungai, dan persawahan.

Namun jika kamu sedang tidak bisa bepergian, kamu juga bisa loh mengubah kamarmu menjadi suasana belajar yang menyenangkan.

Misalnya seperti menghias kamar dengan foto idola, membuat teh atau kopi untuk menemani belajarmu, serta membeli beberapa aksesoris kamar yang kamu suka. Dikarenakan belajar matematika butuh konsentrasi yang optimal, maka kamu jangan segan-segan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop Saat Belajar Online

3. Ajak temanmu untuk berdiskusi

Cara belajar matematika yang satu ini juga cukup efektif untuk kamu yang mungkin masih kebingungan saat mengerjakan soalnya. Jangan malu-malu untuk berdiskusi dengan teman sekelasmu atau mungkin teman belajarmu mengenai soal yang kamu tidak bisa.

Ajak mereka untuk memecahkan sebuah soal bersama-sama, hal ini juga membantu kamu untuk mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan. Ingat pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’ kan?

4. Teliti dalam mengerjakan soal

Soal matematika yang panjang biasanya akan membuat kamu terkecoh dan merasa kesulitan untuk mengerjakan soalnya. Berusahalah untuk tetap tenang dan jangan panik serta memahami berbagai soal yang diberikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com