Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Mengasah Soft Skill bagi Mahasiswa Baru

Kompas.com - 27/09/2021, 06:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah perguruan tinggi sudah siap melaksanakan kuliah tatap muka. Hal ini tentu menjadi kabar bahagia khususnya bagi mahasiswa baru.

Dengan kesempatan kuliah tatap muka ini, para mahasiswa baru bisa benar-benar merasakan mengikuti pembelajaran di kampus mereka.

Selain mengikuti rutinitas kuliah, seorang mahasiswa juga harus mengasah soft skill.

Keberadaan soft skill ini penting karena bisa menunjang mahasiswa saat memasuki dunia kerja di masa yang akan datang.

Baca juga: Berjalan Aman dan Efektif, 45.284 Sekolah Sudah Adakan PTM Terbatas

Kiat mengasah soft skill bagi mahasiswa baru

Merangkum dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), Minggu (26/9/2021), membagikan kiat mengasah soft skill bagi mahasiswa baru.

1. Aktif mengikuti organisasi

Mengikuti organisasi kemahasiswaan akan membuat wawasan mahasiswa baru lebih luas, lebih tahu cara berinteraksi dengan baik.

Mahasiswa juga terlatih untuk bekerja sama dengan tim, menghargai dan menerima pendapat orang lain. Dalam memilih organisasi, pastikan organisasi tersebut sesuai minat dan bakat yang disukai.

2. Rajin mengikuti seminar dan workshop

Mengikuti seminar atau workshop juga akan membantu mahasiswa mempelajari berbagai hal secara langsung dengan seseorang yang ahli di bidangnya.

Baca juga: Unesa-UMM Kembangkan Aplikasi bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Jangan lupa untuk turut aktif dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat kepada narasumber.

3. Ikut terlibat dalam riset dosen

Terlibat dalam penelitian bersama dosen akan memberikan dampak yang baik terhadap keterampilan, disiplin serta komitmen sebagai mahasiswa baru.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk mengasah ilmu dan menggali pengalaman lebih dalam yang nantinya juga akan bermanfaat saat menyusun skripsi.

4. Berpartisipasi menjadi relawan

Menjadi relawan akan membentuk kepribadian mahasiswa menjadi seseorang yang penuh rasa simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga: Ini Ciri dan Dampak Toxic Relationship Menurut Guru Besar UGM

Selain itu juga dapat mengembangkan beberapa soft skill lainnya seperti kerja tim, rasa percaya diri, kesabaran dan juga cara mengatasi sebuah masalah.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan mahasiswa baru untuk mengasah soft skill. Selagi masih muda, ambil semua kesempatan dan peluang yang ada di depan mata. Semua pengalaman tersebut tentu bermanfaat dan menjadi nilai plus saat mencari pekerjaan di masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com