Kompas.com - 26/09/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. ShutterstockIlustrasi makanan sehat dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa tentu sudah paham dengan konsep 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, ada pula konsep Gizi Seimbang.

Ternyata, ada perbedaan dikedua konsep tersebut. Salah satunya konsep “Empat Sehat Lima Sempurna” yang menekankan pada konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan memandang susu sebagai bahan pangan yang menyempurnakan.

Sedangkan konsep “Gizi Seimbang” dimaknai sebagai susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca juga: Siswa Ingin Jadi Petani Milenial? Yuk Belajar Teknologi Budidaya Tanaman

Melansir akun Instagram Kemendikbud Ristek, Minggu (26/9/2021), berikut perbedaan “Empat Sehat Lima Sempurna” dan "Gizi Seimbang'.

1. Penekanan pesan

Seperti kita ketahui, “4 Sehat 5 Sempurna” menekankan pada konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah dan memandang susu sebagai bahan pangan yang menyempurnakan.

Sementara konsep "Gizi Seimbang' dimaknai sebagai susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Susu bukan penyempurna

Di dalam konsep “Empat Sehat Lima Sempurna”, susu menjadi makanan/minuman yang dikelompokkan tersendiri dan dianggap sebagai penyempurna.

Sedangkan di dalam konsep "Gizi Seimbang", susu termasuk ke dalam kelompok lauk-pauk dan bukan makanan penyempurna dan dapat digantikan dengan jenis makanan lainnya yang sama nilai gizinya.

3. Penjelasan mengenai porsi

Dalam konsep “Empat Sehat Lima Sempurna” tidak menyertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari.

Sedangkan konsep "Gizi Seimbang" tidak hanya ada atau tidak, juga memasukkan penjelasan tentang kuantitas atau jumlah (porsi) yang harus dimakan setiap hari untuk setiap kelompok makanan.

Baca juga: Apa Itu AKM Kelas? Siswa Harus Paham

4. Pentingnya minum air mineral

Konsep “4 Sehat 5 Sempurna” tidak menggambarkan bahwa tubuh perlu minum air mineral secara cukup, aman, dan bersih.

Sementara konsep "Gizi Seimbang' sudah menjelaskan pentingnya mencukupi kebutuhan minum air mineral minimal 2 liter, atau lebih kurang 8 gelas per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.