Kompas.com - 28/09/2021, 12:09 WIB
Ilustrasi game PUBG Mobile yang dimainkan pada ponsel Oppo Reno6. Oppo IndonesiaIlustrasi game PUBG Mobile yang dimainkan pada ponsel Oppo Reno6.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com -Seiring perkembangan zaman, video game juga mengalami kemajuan pesat. Video game saat ini tidak hanya menjadi hiburan sehari-hari untuk mengisi waktu luang. Namun bagi sebagian orang, bermain game dijadikan suatu profesi yang cukup menjanjikan.

Apalagi saat ini sudah banyak kompetisi resmi yang dikemas dalam pertandingan esport baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dibalik game-game online yang dimainkan, ada banyak orang yang terlibat dalam pembuatan game. Salah satunya adalah game developer.

Game developer merupakan pekerjaan untuk membuat video game. Game developer akan membuat fitur-fitur dalam sebuah game, seperti pembuatan karakter, alur cerita, serta menyusun desain dan mekanisme permainan.

Baca juga: Uniknya Museum Anak Bajang di Sleman, Tempat Belajar dan Berkesenian

Selain itu, Game developer akan membuat software agar permainan tersebut bisa diakses oleh PlayStation, Nintendo, dan aplikasi Android dan iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5 skill yang harus dimiliki game developer

Melansir dari situs resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (28/9/2021), ada skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Game developer terbaik. Yuk simak bersama ulasan berikut ini:

1. Memiliki bakat dalam bidang IT

Untuk membuat video game, developer perlu memahami tentang bahasa pemrograman dan desain perangkat lunak. Seorang game developer harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan video dan audio.

Karena sebagian besar bagian dari game adalah grafis dan animasi, maka developer harus terbiasa dengan desain karakter, desain pemandangan, dan desain antarmuka.

Baca juga: Kao Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate

2. Memiliki kemampuan problem solving yang kuat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.