Kompas.com - 29/09/2021, 10:29 WIB
Ilustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital, ilustrasi bisnis online. ShutterstockIlustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital, ilustrasi bisnis online.

KOMPAS.com - Mengenal prospek kerja pada lima hingga sepuluh tahun mendatang menjadi salah satu aspek yang penting dilakukan saat memilih jurusan kuliah, di samping mempertimbangkan minat dan bakat.

Pasalnya, arah karier cukup dipengaruhi oleh jurusan yang kamu pilih dan kompetensi yang kamu dapatkan selama berkuliah. Untuk itu, mulailah menimbang-nimbang pekerjaan apa yang sekiranya akan kamu geluti bila lulus kuliah nanti.

Bila kamu bercita-cita menjadi pengusaha dengan cara membuka usaha sendiri, ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan.

Merangkum laman platform edukasi Rencanamu.id, berikut sejumlah jurusan kuliah yang bisa kamu pilih bila ingin jadi pengusaha mengacu pada prospek usaha yang cerah:

Baca juga: Jurusan Kuliah Para Miliarder Dunia, Bill Gates hingga Mark Zuckerberg

1. Teknologi Informasi

Bisnis berbasis teknologi dapat berkembang pesat di era revolusi industri 4.0. Dengan pengetahuan dan kemampuan mengembangkan software, lulusan TI bisa membuat aplikasi bahkan mendirikan startup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pendidikan

Lulusan pendidikan bisa menjadi tutor dan mendirikan tempat bimbingan belajar, lembaga kursus hingga sekolah seperti KB, TK maupun TPA.

3. Ilmu Hukum

Jika sudah mengambil spesialisasi serta mendapatkan izin, lulusan hukum dapat menjadi notaris independen dan membuka praktik di bidang hukum.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

4. Teknik mesin

Lulusan teknik mesin dapat mendirikan usaha bidang jasa servis mesin, atau membuka usaha sebagai konsultan di bidang teknik.

5. Ilmu Komputer

Dengan pemahaman di bidang komputer, lulusan jurusan ini dapat mengembangkan bisnis seperti penjualan perangkat komputer, jasa perbaikan komputer hingga menciptakan hal baru di dunia perangkat seperti co-founder Google, Sergey Brin.

6. Manajemen Bisnis

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang bisnis dan kewirausahaan, seperti strategi memasarkan usaha hingga pengelolaan uang untuk meningkatkan laba perusahaan dan juga nilai perusahaan.

Baca juga: Beasiswa BCA 2022, Kuliah Teknik Informatika Gratis bagi Lulusan SMA-SMK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.