Kompas.com - 04/10/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjadi seorang ibu rumah tangga dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini penuh dengan tantangan.

Selain mengurus pekerjaan di rumah, seorang ibu rumah tangga juga harus mendampingi anak dalam mengikuti pembelajaran online.

Apalagi bagi ibu yang bekerja, kondisi saat ini tentu lebih rentan menghadapi tekanan. Kondisi mental ibu yang tidak baik ini sangat berpengaruh dalam mendampingi anak-anaknya.

Sehingga menjaga kesehatan mental seorang ibu dalam kondisi pandemi Covid-19 ini sangat penting agar anak-anak juga merasa bahagia berada di dekat orangtuanya.

Baca juga: Universitas dengan Peserta Terbanyak, 124 Tim UGM Lolos PIMNAS 2021

Mengelola kesehatan mental ibu

Melihat kondisi ini, Dharma Wanita Persatuan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (DWP FBS Unnes) mengadakan webinar dengan tema ibu dan anak.

Salah satu pembicara webinar ini yaitu Lucia Peppy Novianti M Psi seorang Psikolog sekaligus CEO Wiloka Workshop Yogyakarta.

Lucia memaparkan materi dengan tema Mengelola Kesehatan Mental Ibu dan Anak di Masa Pandemi.

Psikolog tersebut menyampaikan, ada dua prinsip yang dapat menjadi pedoman dalam mengelola kesehatan mental keluarga yaitu kelola diri orangtua serta ajak dan dampingi anak.

"Mengelola mental sebagai orangtua dimulai dari mengelola emosi pribadi, mengolah cara berpikir dan mengelola lingkungan fisik dan mental," ungkap Lucia seperti dikutip dari laman Unnes, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: SMA Terbaik di DIY Berdasarkan Rerata Nilai UTBK 2021

Ibu harus menggali potensi diri

Sementara itu Ketua DWP Unnes Barokah Isdaryanti menambahkan, seorang perempuan yang berstatus sebagai istri atau ibu rumah tangga harus terus menggali, membangun, dan mengembangkan potensi diri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.