Fakultas Teknik UNJ Siapkan Tata Kelola Menuju Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas

Kompas.com - 07/10/2021, 20:51 WIB
FT UNJ menggelar workshop reformasi birokrasi dan zona integritas 2021 secara luring terbatas dan daring yang digelar pada 7 Oktober 2021 bekerja sama dengan Tim Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI). DOK. UNJFT UNJ menggelar workshop reformasi birokrasi dan zona integritas 2021 secara luring terbatas dan daring yang digelar pada 7 Oktober 2021 bekerja sama dengan Tim Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI).

KOMPAS.com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu fakultas di UNJ yang sedang mempersiapkan tata kelola pelayanan fakultas menuju Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas.

Terkait hal itu, FT UNJ menggelar workshop reformasi birokrasi dan zona integritas 2021 secara luring terbatas dan daring yang digelar pada 7 Oktober 2021 bekerja sama dengan Tim Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI).

“Sebagai pendidik, kadang kita suka lupa dan masih melibatkan kuasa dan relasi kuasa dalam menjadi pelayan publik," ungkap Robetus Robet, Ketua RBZI UNJ.

"Dari hasil riset saya kepada guru, telah menunjukkan bahwa masih terdapat simbol moral dalam proses belajar di sekolah ketimbang sebagai pengajar professional. Jadi bertindak sebagai pelayan publik akan memiliki tantangan yang berangkat dari mental kita sendiri,” ujar Robet.

Robet juga mengapresiasi FT UNJ melangkah maju dan berani dalam membuat sistem untuk dapat beradaptasi dengan kritik dan saran serta sistem pelayanan prima sebagai pelayan publik bidang pendidikan.

“Sementara fakultas teknik maju lebih dulu memasuki sistem RB-ZI dan barangkali ke depan fakultas lainnya mulai mencicil membangun ke arah zona integritas,” jelas Robet. Ia berharap FT UNJ menjadi motor penggerak RB-ZI bagi fakultas lain di UNJ.

"Perubahan besar tidak bisa dilakukan dengan instan, akan tetapi bisa melalui unit terkecil yaitu level fakultas dalam penyelenggaraan RB-ZI UNJ," tegasnya.

Baca juga: 12.000 Peserta Ikuti Bursa Kerja Virtual Fakultas Teknik UI

Kejar penilaian wilayah bebas korupsi

Dalam kesempatan sama, Pitoyo Yuliatmodjo, Penanggung Jawab RB-ZI FT UNJ, menyebut FT UNJ tengah menyiapkan berbagai hal menuju RBZI, di antaranya; inovasi robot aplikasi, layanan lab, prokes covid, layanan antrian loket, pengaduan layanan, backdrop sebagai media poster, lemari barang grativikasi, informasi dekanat, e-administrasi, memperbaharui SOP dan menyusun laporan zona integritas FT 2021.

“Selain itu kita juga membentuk manajer 6, pelatihan staf dalam robot service, pelatihan untuk layanan lab, pelatihan administrasi digital pelatihan pelayanan prima, sosialisasi reformasi birokrasi dan zona integritas fakultas, kesiapan GPJM dalam menyusun SOP dan instrumen evaluasi,” ungkap Pitoyo.

Sementara itu, Dekan FT UNJ Uswatun Hasanah,dalam sampaian sambutannya menyatakan pihaknya berkomitmen menjadikan FT sebagai wilayah bebas korupsi, sehingga FT akan menjadi zona integritas dengan pelayanan prima.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.