Kompas.com - 09/10/2021, 11:35 WIB
Mahasiswa Fakultas Hukum Unair Yosua Putra Iskandar berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Tangkap layar laman UnairMahasiswa Fakultas Hukum Unair Yosua Putra Iskandar berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).
|

KOMPAS.com - Bisa mewujudkan impian menempuh studi di luar negeri tentu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri maupun keluarga.

Kuliah di luar negeri saat ini bisa menjadi mimpi tiap mahasiswa. Hal ini bisa diwujudkan dengan biaya mandiri atau mencari beasiswa yang disediakan baik oleh negara maupun swasta.

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Yosua Putra Iskandar termasuk salah satu yang beruntung karena bisa kuliah di luar negeri melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Dia sangat bersyukur bisa lolos IISMA karena bisa menempuh studi di luar negeri sudah jadi impiannya sejak lama.

Baca juga: 45 Siswa Ikuti Asesmen Nasional di SMPN 1 Kuta Selatan

Tips ikuti program IISMA

Yosua membagikan tips bagi mahasiswa lain yang ingin mengikuti program IISMA di batch selanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahasiswa angkatan 2018 ini menerangkan, penting bagi mahasiswa agar memiliki relasi dengan peserta IISMA batch sebelumnya. Menurutnya, selain persiapan esai ataupun dokumen, juga harus punya kenalan yang pernah ikut IISMA batch sebelumnya.

Banyak rekomendasi dan informasi mengenai IISMA baik di TikTok atau YouTube. Namun jika bisa berkomunikasi langsung dengan peserta IISMA, mahasiswa bisa dapat insights personal atau wawasan yang memang penting untuk diperhatikan saat mendaftar program ini.

Kuliah di luar negeri beri banyak pengalaman

Menurut Yosua menempuh studi di luar negeri memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan baru.

"Dari awal masuk kuliah, memang ingin ikut exchange program. Karena menarik dan jadi satu kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri," kata Yosua seperti dikutip dari laman resmi Unair, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: 7 Toga Terunik di Indonesia, Ada Kampusmu?

Yosua menjelaskan, dengan berkuliah di luar negeri dia bisa belajar education system di negara lain. Selain itu dia juga bisa mendapat education experience sekaligus dapat networking.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.