Kompas.com - 12/10/2021, 11:22 WIB
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat bubur instan bernama 'Burbus' yang memiliki khasiat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit stroke. Tangkap layar laman IPBMahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat bubur instan bernama 'Burbus' yang memiliki khasiat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit stroke.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Tahukah kamu tiap tanggal 29 Oktober selalu diperingati Hari Stroke Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya penyakit ini sehingga lebih peduli pada kesehatan diri sendiri agar terhindar dari stroke.

Untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit stroke, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB)berhasil membuat bubur instan bernama 'Burbus'.

Bubur ini terbuat dari bahan utama ikan gabus yang memiliki kandungan albumin tinggi. Mariana Kristin Siregar sebagai ketua tim menerangkan, bahan baku pembuatan Burbus adalah ikan gabus.

Baca juga: Berbasis Teledentistry, Mahasiswa UGM Pantau Kesehatan Gigi Siswa

Bubur instan bantu penyembuhan stroke

Menurutnya, ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi. Protein ini berfungsi sebagai protein untuk meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki edema pada otak dan mencegah terjadinya malnutrisi.

"Burbus diharapkan dapat membantu masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan nutrisi sekaligus dapat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit stroke," ujar Mariana Kristin seperti dikutip dari situs resmi IPB, Selasa (12/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mariana menjelaskan, dalam produk ini, dia dan tim juga menggunakan bahan baku lainnya yaitu rumput laut Sargassum sp. dan minyak ikan lemuru.

Rumput laut Sargassum sp. mengandung senyawa fukoidan yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antitrombotik, antioksidan serta menghambat degenerasi sel-sel pada neuron otak. "Penghambatan ini dinilai sangat penting dalam pengobatan pasca stroke," tegas Mariana.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Jurusan Kuliah

Manfaatkan kandungan ikan lemuru

Selain itu, lanjut Mariana, kandungan Omega-3 pada minyak ikan lemuru, yang merupakan ikan asli Indonesia dapat memperbaiki fungsi endotel dan meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL).

Produk Burbus terdiri atas tiga varian rasa yaitu bayam, wortel, dan kacang polong. Adanya varian rasa pada produk bertujuan agar konsumen memiliki pilihan rasa. Produk Burbus tidak hanya untuk dikonsumsi oleh penderita stroke, namun juga oleh orang yang ingin mencegah stroke.

"Kami juga terus melakukan inovasi produk, peningkatan kualitas produk, dan ekspansi pasar," imbuh Mariana Kristin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.