Kompas.com - 14/10/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi wisudawan IPB University. DOK.Laman IPBIlustrasi wisudawan IPB University.

KOMPAS.com - Dalam upaya peningkatan kapasitas serta menumbuhkan jiwa berwirausaha pada mahasiswa, IPB University kini menghadirkan Startup School.

Melalui Startup School, mahasiswa IPB University akan diarahkan untuk memiliki kemandirian berwirausaha berbasis technosociopreneurship.

Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran tentang entrepreneurship. Konsep pemahaman yang dimaksud yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi.

Pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan memberikan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi-Riset? Baznas Beri Bantuan hingga Rp 10 Juta

Mahasiswa dapat pelatihan hingga pendanaan

Asisten Direktur Pengembangan Karier, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier IPB University, Handian Purwawangsa menjelaskan dengan kehadiran startup school ini, mahasiswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai dan sikap dalam entrepreneurship seperti etos bekerja, motif berprestasi, kemandirian, kreativitas, serta keterampilan pengambilan keputusan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan karakter dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal,” ujar penanggungjawab Startup School IPB University itu, seperti dirangkum dari laman IPB, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut, ia menerangkan, mahasiswa yang tergabung dalam Startup School IPB University akan mendapat pelatihan wawasan tentang dunia startup langsung oleh para ahlinya. Bahkan, tim dengan ide startup yang terpilih akan mendapatkan pendanaan modal.

Tidak hanya sampai di situ, Handian juga mengatakan setelah mendapatkan modal, tim yang terpilih akan didampingi secara intensif selama tiga bulan dan seterusnya secara berkala.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier IPB University, Alim Setiawan Slamet menjelaskan peserta Startup School merupakan mahasiswa aktif IPB University baik dari program sarjana maupun sekolah vokasi.

Peserta tergabung dalam tim berjumlah dua hingga lima orang. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang sama maupun dari program studi yang berbeda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.