Kompas.com - 14/10/2021, 13:37 WIB
Candi Kedulan ditinggalkan masyarakat terlebih dahulu sebelum akhirnya diterjang lahar. Candi Kedulan ditinggalkan masyarakat terlebih dahulu sebelum akhirnya diterjang lahar.
|

KOMPAS.com - Di Indonesia dulunya pernah ada kerajaan Hindu dan Buddha. Tentu, kini masih meninggalkan bekas. Salah satunya candi atau arca.

Dari peninggalan-peninggalan tersebut menjadi bukti bahwa pernah ada sebuah kerajaan di lokasi tersebut. Seperti yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain Candi Prambanan yang terkenal, banyak candi lain di daerah Yogyakarta. Seperti Candi Kedulan. Candi yang berada di Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman DIY ini berlatar belakang agama Hindu.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenal Lebih Dekat Sejarah TNI

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar sejarah, maka bisa mengenal lebih dekat sejarah ditemukannya Candi Kedulan ini.

Ditemukan pertama tahun 1993

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (13/10/2021), Candi Kedulan pertama kali ditemukan oleh para penambang pasir pada 24 November 1993.

Setelah ditemukan, candi ini langsung dilakukan sejumlah pelestarian seperti penyelamatan, pengumpulan data, dan juga anastilosis (pemugaran lagi reruntuhan-reruntuhan).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Waktu itu, ada bukti-bukti tertulis peninggalan Candi Kedulan, yaitu Prasasti Sumundul, Prasasti Pananggaran, dan Prasasti Tlu Ron.

Prasasti Sumundul dan Prasasti Pananggaran ditemukan terlebih dahulu pada 2002 ketika studi kelayakan, sedangkan penemuan Prasasti Tlu Ron 13 tahun kemudian pada 2015.

Menurut laman resmi Balai Cagar Budaya DIY, prasasti-prasasti tersebut dikeluarkan pada masa pemerintahan raja yang berbeda.

Baca juga: Siswa, Ini Sejarah Palang Merah Indonesia

Prasasti Sumundul dan Pananggaran berasal dari masa yang sama yaitu 868 Masehi (era Mataram Kuno). Kedua prasasti ini dikeluarkan pada masa Raja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala (855-884 Masehi).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.