Kompas.com - 19/10/2021, 15:37 WIB
Ilustrasi Mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Psikolog Pundani Eki Pratiwi mengatakan keberhasilan karier tidak semata-mata mencapai suatu posisi atau mendapatkan promosi.

Ia mengatakan, karier merupakan runtutan dari berbagai macam sikap dan perilaku yang terkait dengan pengalaman dan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan, dan itu terjadi selama rentang kehidupan.

“Jika kita coba ulik dari kalimat tersebut, karier itu tidak semata-mata keberhasilan kita mencapai suatu posisi atau mendapatkan promosi, tetapi karier ini adalah proses atau perjalanan kita yang begitu panjang dalam rentang kehidupan kita. Ini menjadikan makna karier menjadi lebih luas,” paparnya dalam webinar Universitas Airlangga (Unair) bertajuk “Planning and Choosing Your Career Path with Ikigai”, seperti dirangkum dari laman Unair.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Mengenal tahapan dalam karier

Pundani menjelaskan, dalam karier terdapat tahapan atau yang biasa disebut career stage.

Tahap pertama disebut exploration, yaitu mengidentifikasi minat dan bakat serta menyesuaikan kemauan dan kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua adalah tahap establishment, yakni tahap perkembangan dan pertumbuhan, memunculkan skill, serta merasa siap mengeksplorasi kesempatan baru.

Tahap selanjutnya adalah tahap maintenance, yaitu mempertahankan prestasi dan memperbarui skill. Lalu, tahap keempat advancement, yakni eksplorasi karier sudah selesai dan sudah di titik untuk membuat tujuan baru dan biasanya sudah menjadi mentor untuk orang lain.

Tahap terakhir disebut withdrawal atau yang biasa disebut dengan masa pensiun. Pada tahap tersebut sudah mulai lebih untuk memfokuskan kehidupan pribadi dibandingkan dengan karier.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

“Setiap tahapan karier tersebut merupakan perjalanan panjang yang pasti di setiap tahapannya ada masalah. Maka apa yang kita perlukan dan merupakan hal terpenting untuk membantu kita dalam menjalani tahapan-tahapan tersebut adalah mindset,” ungkapnya.

Penerapan ikigai dalam perencanaan dan pemilihan karier

Pundani menjelaskan bahwa terdapat dua jenis mindset, yakni growth mindset dan fix mindset.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.