Kompas.com - 23/10/2021, 06:17 WIB
Ilustrasi curriculum vitae (CV). PEXELS/LUKASIlustrasi curriculum vitae (CV).
|

KOMPAS.com - Ketika lulus kuliah, seorang lulusan bakal dihadapkan pada dunia kerja. Sebelum mencari info lowongan kerja, maka harus persiapan dahulu.

Salah satunya ialah menyiapkan Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Tetapi, seorang pelamar pekerjaan tak bisa asal-asalan membuat CV.

Terkait hal itu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar persiapan kerja.

Baca juga: Raih Poin Tertinggi Capaian IKU 2020, UNS Terima Insentif Kementerian Rp 23,5 Miliar

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (21/10/2021) ini ditujukan bagi calon wisudawan periode Oktober dan mahasiswa tingkat akhir.

Adapun narasumber webinar ialah Rosalina Nugraheni, M.Psi, founder dan CEO Naraya Colsulting (sebuah lembaga yang bergerak pada konsultan Human Resource).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan itu, Rosalina membagikan tips bagaimana menulis dan membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik.

Ia mengatakan bahwa membuat CV tidak perlu panjang dan bertele-tele karena tidak efektif. CV yang baik adalah yang padat dan informatif.

"Pastikan menulis data di CV sesuai data yang sebenarnya, terutama terkait dengan data kompetensi, keterampilan dan pengalaman," ujar Rosalina seperti dikutip dari laman UNS.

Ia mengibaratkan proses pencarian kerja seperti perang sehingga harus dipersiapknan segala sesuatunya agar dapat memenangkan peperangan secara elegan.

Beberapa di antaranya adalah persiapan materi, memilih medan perang, dan bertarung dengan gagah berani sehingga meraih kemenangan (diterima kerja).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.