Kompas.com - 25/10/2021, 10:57 WIB
Ikatan kimia freepikIkatan kimia

KOMPAS.com - Bila mengacu pada jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, maka pelaksanaan UTBK 2022 akan dilakukan sekitar 6 bulan lagi, yakni sekitar April 2022.

Meski masih ada waktu berbulan-bulan, namun belajar UTBK tak cukup dengan sistem kebut semalam. Kelulusan nyatanya tak cukup bermodal rajin menghafal rumus.

Bagi anak jurusan IPA, mempelajari sejumlah materi yang paling sering keluar di UTBK SBMPTN bisa dilakukan mulai dari sekarang.

Merangkum laman Zenius Education, berikut 5 materi mata pelajaran Kimia yang paling sering keluar di UTBK:

Baca juga: 6 PTN Jurusan Farmasi Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

1. Stoikiometri

Di materi ini, kamu akan banyak mengerjakan soal hitungan, mulai dari mencari mol, massa molekul atau atom, volume zat yang beraksi atau dihasilkan, maupun jumlah partikel zat yang dibentuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Materi ini juga sering dikombinasikan dengan materi-materi lainnya seperti kesetimbangan, asam basa, hodrolisis, kelarutan, dan lainnya.

2. Ikatan Kimia

Di materi ini, soal-soal biasanya akan menanyakan tentang hibridisasi, bentuk molekul, kepolaran, maupun interaksi antarmolekul.

3. Redoks dan Elektrokimia

Untuk materi ini, biasanya kamu akan disuguhkan pertanyaan mengenai soal penyetaraan reaksi, zat oksidator dan reduktor, cara menulis notasi sel, sampai perhitungan elektrolisis dan Hukum Faraday.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Di sini, ilmu yang ada di Stoikiometri juga kerap digunakan lagi, seperti penyetaraan reaksi, sampai perhitungan yang ada di elektrokimia.

4. Senyawa Turunan Alkana

Soal-soal untuk materi yang satu ini banyak berbentuk teka-teki. Teka-teki nama senyawa dari struktur kimia, teka-teki hasil yang akan terbentuk dari reaksi senyawa organik dan juga teka-teki buat mengindentifikasi senyawa organik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.