Kompas.com - 27/10/2021, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan berempati atau kemampuan memahami perasaan dan pikiran orang lain perlu diasah sejak ini karena memberikan banyak manfaat bagi anak saat dewasa kelak.

Anak dengan empati cenderung memiliki kehidupan sosial yang lebih baik, termasuk mampu menyelesaikan masalah dari beragam perspektif.

Guru TK Cikal Bandung, Prillya Mariana Widyatmiko mengatakan ada kegiatan sederhana dan menyenangkan yang bisa dilakukan orangtua untuk mengasah empati anak di lingkungan rumah.

Orangtua dapat melakukan kegiatan neighbourhood community, yaitu mengenalkan anak tentang peran dan tanggung jawab berbagai orang dalam lingkup bertetangga.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Pengenalan profesi tumbuhkan empati

Program neighbourhood community ini, jelas Prillya, ditujukan untuk membangun kesadaran anak-anak di usia TK terhadap lingkungan sekitarnya.

“Kami ingin mengenalkan pada anak tentang peran dan tanggung jawab berbagai orang
dalam lingkup bertetangga. Selain itu, kami juga ingin mengaitkannya dengan dampak, jasa
dan akibat yang bisa ditimbulkan dari peran tersebut pada anak-anak,” tutur Prillya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/20/2021).

Ia pun menyatakan bahwa terdapat beberapa peran yang perlu dikenalkan pada anak-anak TK di lingkungan sekitar.

Peran tersebut antara lain petugas kebersihan, penjual sayur, satpam, pengantar paket dan sebagainya.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar untuk SD-SMA

Setelah mengenalkan, orangtua maupun pendidik juga mengajak anak melakukan refleksi sederhana, misalnya bagaimana ya jika tidak ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah?

“Peran dari profesi sangat berarti dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak diajak untuk mengetahui manfaat dari profesi mereka serta memberikan apresiasi berupa ucapan terima kasih sederhana. Selain itu juga anak-anak dapat memahami bahwa para petugas atau penjual ini bekerja untuk mencari nafkah bagi keluarganya,” tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.