Kompas.com - 28/10/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor Doc. ShutterstockIlustrasi bekerja di kantor
|

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa yang ingin mencari banyak pengalaman, maka kuliah sambil kerja bisa jadi pilihan. Tentu banyak hal yang bisa didapat ke depannya.

Tapi, apakah salah untuk kuliah sambil kerja? Tentu tidak salah. Ketika seseorang memutuskan untuk kuliah sambil kerja, terkadang terdapat risiko besar yang menghadang.

Risikonya adalah ketika kita tidak mampu membagi waktu dengan baik. Kuliah bisa berantakan atau berbenturan jadwal kuliah dan bekerja.

Baca juga: Dosen Harus Ramah pada Mahasiswa

Kuliah sambil bekerja tentu bukan hal yang mudah. Mengingat banyak tugas menanti untuk segera diselesaikan. Bahkan tidak memiliki waktu untuk diri sendiri lantaran terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.

Tak heran jika sebagian besar mahasiswa akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau lanjut bekerja. Padahal mengatur waktu saat kuliah sambil kerja dapat dilakukan meskipun terasa sulit.

Cemas tidak bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja bukanlah masalah yang tidak bisa dicari solusinya. Keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk karier seseorang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semangat dan disiplin yang tinggi dalam membagi waktu, seseorang pasti bisa menjalaninya dengan baik. Berikut ada beberapa tips agar teman-teman dapat sukses kuliah sambil bekerja.

Informasi dilansir dari laman alumni UGM, ini tips atau cara atur kuliah sambil kerja:

Fokus

Tetap fokus adalah salah satu kunci mengatur waktu di kampus dan kantor, pastikan juga anda tidak memikirkan tugas kuliah saat berada di kantor, begitu sebaliknya.

Belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak pedulu seberapa ketat jadwal anda.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 6 Manfaat Berpikir Kritis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.