Kompas.com - 30/10/2021, 10:15 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka harus mempersiapkan diri mulai sekarang. Terlebih dalam menentukan jurusan kuliah.

Bagi siswa SMA atau calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah tak bisa asal-asalan. Tetapi harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Tetapi jika sudah menentukan, maka harus dipersiapkan dengan baik.

Terlebih yang ingin mengambil Jurusan Teknik Industri. Maka, seperti apa mata kuliahnya harus paham. Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini informasi mengenai mata kuliah di Jurusan Teknik Industri.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Menurut IISE (Institute of Industrial and System Engineers), teknik industri adalah ilmu tentang rancang desain, perbaikan, serta pembuatan sistem yang mengoptimalisasi kegiatan manusia.

Jurusan Teknik Industri tak jarang diminati oleh para mahasiswa baru. Nah, kira-kira apa saja yang dipelajari dalam jurusan ini? Berikut daftar mata kuliah Program Studi Teknik Industri.

Secara harfiah, Teknik Industri ini merupakan ilmu interdisipliner yang mempelajari seluk-beluk mengenai proses industri. Tidak hanya dari sisi tekniknya sendiri, ilmu tersebut juga akan membawamu ke dalam sisi manajemen.

Berikut ini rangkum jajaran mata kuliah (matkul) yang akan muncul ketika kamu masuk ke dunia Teknik Industri.

Mata kuliah Teknik Industri di semester awal

Ketika masih di semester awal berkuliah di Teknik Industri, kamu akan menghadapi beragam matkul. Matkul di bagian awal tersebut merupakan jalan pembukamu sebelum mulai bergelut dengan materi yang lebih menarik lagi di semester mendatang.

Salah satu mata kuliah yang akan dipelajari di fase awal berkuliah di Teknik Industri adalah Matematika. Matkul ini sangatlah penting dalam berbagai aspek kehidupan, terutama untuk anak Teknik yang mengutamakan perhitungan dengan detail.

Matematika yang akan dipelajari di sini masih bersifat sangat dasar, seperti statistik untuk keperluan analisis kebutuhan pabrik industri.

Baca juga: Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah, Mahasiswa ITS Gagas Platform Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.