Kompas.com - 06/11/2021, 18:27 WIB
|

KOMPAS.com - Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan dunia sekolah. Jika seorang murid hanya perlu berfokus pada ujian akhir untuk dapat naik kelas, mahasiswa perlu melakukan penelitian agar mendapatkan gelar kelulusan.

Penelitian adalah salah satu syarat kelulusan yang tidak mudah untuk dikerjakan. Pada saat penelitian, mahasiswa perlu bimbingan dosen. Hal tersebut membuat mahasiswa harus menjalin relasi yang baik dengan dosen.

Untuk membangun relasi dengan dosen, kamu harus bertingkah laku sopan dan terus mengasah ilmu dengan rutin membaca jurnal-jurnal terbaru.

Baca juga: Dosen UPNVY dan Pengurus ISEI Jogja Raih Doktor di UNS dengan IPK 4,00

Dengan informasi-informasi terbaru tersebut, para pengajar pastinya akan lebih mudah membimbing dan membangun relasi denganmu.

Selain dapat mempermudah proses pembuatan jurnal atau skripsi, ternyata ada banyak manfaat membangun relasi dengan dosen. Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini 4 manfaat membangun relasi dengan dosen:

1. Koneksi jadi lebih luas

Berhubungan baik dengan para dosen memberikan banyak manfaat salah satunya adalah mendapatkan koneksi.

Para dosen di kampus sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mahasiswa. Hal itu membuat mereka memiliki koneksi yang lebih luas.

Jika kamu mampu menjalin hubungan baik dengan para pengajar, maka mereka tidak akan sungkan memperkenalkan kamu ke berbagai koneksi yang dimilikinya, yang pastinya akan membantu proses penelitian menjadi lebih mudah.

Kamu pun bisa mendapatkan narasumber yang kredibel sebagai acuan penelitian yang kamu lakukan.

Baca juga: Seperti Ini Pembangkit Listrik Portabel Inovasi Mahasiswa UNY

2. Tambah pengetahuan

Pada dasarnya, pekerjaan seorang dosen adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, namun penyampaian di dalam kelas biasanya terhalang oleh terbatasnya waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.