Kompas.com - 07/11/2021, 14:56 WIB
Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan.
|

KOMPAS.com - Menjaga pola makan adalah hal yang penting bagi tubuh. Hal ini dilakukan agar seseorang terhindar dari kelebihan berat badan akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Pada akhirnya lemaklah yang membuat perut Anda buncit dan ukuran paha serta lengan bertambah besar. Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Webinar Unesa bersama Pakar: Seperti Ini Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Meski Anda sangat ingin mendapatkan berat badan ideal, sebaiknya Anda pilih-pilih diet yang tidak membahayakan kesehatan.

Tidak sulit kok untuk menerapkan diet sehat alami, sebab pada dasarnya semua orang yang kelebihan berat badan atau tidak harus melakukan diet ini agar terhindar dari berbagai penyakit kronis di kemudian.

Lalu, bagaimana tips diet sehat alami? Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini 5 tips diet sehat:

1. Pilih makanan tepat, jangan melewatkan waktu makan

Tips diet sehat alami yang pertama adalah dengan memilih makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet Anda.

Cara diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula sehingga buruk bagi tubuh.

Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda.

Sebaliknya, kalau Anda mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti Anda menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua makanan itu tetap kok diperlukan bagi tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.