Kompas.com - 05/11/2021, 13:03 WIB
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, kasus Covid-19 masih terus ada. Atau setiap hari masih ada penambahan kasus orang yang terinfeksi Covid-19.

Data menunjukkan, per 2 November 2021 tercatat lebih dari 2 juta kasus dan sekitar 5 juta orang meninggal dunia.

Sejak menyebar dan melewati gelombang I dan II, Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan dari gelombang pertama pada Januari 2021.

Baca juga: Tips Diet Sehat dari Ahli Gizi UGM

Terkait hal itu, Conficius Institute, Pusat Bahasa Mandarin, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan webinar nasional dengan tema “Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19”, Rabu (3/11/2021).

Adapun narasumbernya beberapa pakar, yakni Wakil Sekretaris Jenderal Wushu dan Cabang Olahraga Etnis Masyarakat Tradisional serta Ilmu Olahraga Tiongkok Prof. Dongzhu, dan Ahli Ilmu Pengetahuan Tradisional China Dr. Thea Sairine, M.TCM., M.L., Ph.D.

Selain itu, ada Dokter Spesialis Pengobatan Tradisional China TCM. Dr. Praewwadee Arunchangwattana dan Pakar Akupresur Refleksi dan Sinshe Dr. Carlini Fan Hardi, M.Med., Ph.D.

Pada kesempatan itu, Dr. Thea Sairine, M.TCM., M.L., Ph.D menjelaskan bahwa pandemi Covid telah melanda dunia dari 2019 sampai sekarang.

Menurutnya, China, sudah dikenal pengobatan penyakit dengan nama pengobatan TCM.

"Pengobatan TCM sangat menekankan pada daya tahan tubuh untuk melawan penyakit termasuk virus, pencegahan menekankan pada daya tubuh manusia," ujarnya seperti dikutip dari laman Unesa, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini 4 Kriteria Orang Punya Jiwa Sehat

Dijelaskan, pengobatan TCM saat pandemi ini, harus benar-benar memperhatikan beberapa aspek pendukung di antaranya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.