Kompas.com - 09/11/2021, 06:17 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta menggelar webinar bertajuk "Antisipasi Penuaan Dini dengan Bahan Alam". Adapun narasumbernya dua dosen dari Fakultas Farmasi.

Salah satu narasumber Dr. Jeffry Julianus, M.Si., menjelaskan, penuaan merupakan proses yang terjadi secara perlahan, konsisten dan dalam waktu yang lama.

Proses ini dimulai dari bagian sel, tidak dapat terhindarkan dan tidak dapat diharapkan kembali lagi seperti saat masih muda. Selain yang terlihat secara fisik, salah satu tanda terjadi penuaan yaitu rasa mudah lelah ketika beraktivitas.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Pemicu terjadinya penuaan yaitu radikal bebas, meski senyawa ini dibutuhkan untuk proses pembelahan sel tetapi jika jumlahnya berlebihan akibat paparan dari luar misalnya polusi udara dan sinar matahari maka akan menambah potensi terjadinya penuaan.

Solusi pengatasan radikal bebas berlebihan diperlukan zat penangkalnya yaitu antioksidan. Antioksidan ini bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur seperti:

  • tomat
  • wortel
  • stroberi
  • jeruk

"Bisa pula dengan menggunakan masker kunyit," ujar Jeffry seperti dikutip dari laman Universitas Sanata Dharma (USD).

Cara mencegah penuaan dini

Dia juga memberikan tips untuk yang sudah berumur dengan:

  • makan makanan sehat
  • banyak buah dan sayur
  • minum air putih yang cukup
  • sering berolahraga
  • menghindari stres
  • menghindari faktor-faktor pemicu terbentuknya radikal bebas

Tips atau cara mencegah penuaan dini tersebut dapat mengaktifkan mesin sel yang disebut sebagai mitokondria sehingga menjadi lebih berenergi dan tetap glowing.

Sementara narasumber kedua, apt. Christofori Maria Ratna Rini Nastiti, M.Pharm., Ph.D., menjelaskan dengan materi "Formulasi Sediaan Topikal Antioksidan Bahan Alam".

Baca juga: Ingin Kurus? Ini 5 Makanan untuk Diet

Di mana pada kesempatan ini dia menyatakan bahwa kolagen dan elastin merupakan protein yang berfungsi penting sebagai kekuatan fleksibilitas dan elastisitas kulit sehingga kulit tampak kenyal, elastis, dan tidak berkerut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.