Kompas.com - 14/11/2021, 08:07 WIB
Ilustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka.

KOMPAS.com - Kurang beberapa bulan lagi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 digelar.

Meski masih tahun depan akan digelar, ada poin-poin penting agar kamu bisa lolos SNMPTN. Persiapan ini penting, supaya kamu bisa lebih mempersiapkan diri sebelum jadwal SNMPTN resmi keluar.

Apalagi, persaingan di SNMPTN juga sangat ketat dibanding jalur seleksi lainnya. Dilansir dari laman Rencanamu.id, berikut poin-poin penting yang perlu kamu ketahui saat mempersiapkan diri menuju SNMPTN.

10 cara lolos SNMPTN 2022

1. Fokus belajar untuk performa semester 5 jangan lengah karena raport dari semester 1 hingga 5 akan menjadi penilaian utama di SNMPTN.

2. Lintas jurusan sangat sulit bagi anak IPS dan bahasa sebaliknya pelajaran IPA leluasa lintas jurusan di SNMPTN walaupun secara resmi hal tersebut tidak dianjurkan.

3. Jika ingin lintas jurusan cek persyaratan Prodi yang ingin diambil di SNMPTN ada Prodi yang mensyaratkan jurusan tertentu.

Misalnya seluruh Prodi saintek di UI dan ITB hanya bisa dipilih oleh pelajar IPA. Sekali lagi jangan lupa cek syarat Prodi yang dituju.

Baca juga: Mau Kuliah di Jawa Timur? Ini 20 Kampus Terbaik Versi UniRank

4. Eksplorasi program studi dan Pilih jurusan kuliah yang paling sesuai untukmu. Pastikan info yang kamu dapatkan lengkap dan benar. Mencari Prodi yang tepat harus dilakukan dari sekarang jangan baru memikirkan menjelang pendaftaran SNMPTN 2022.

5. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya mengenai pilihan Prodi. Jangan memilih Prodi hanya sekadar untuk diterima padahal kamu sendiri tidak meminati Prodi tersebut.

Harus kamu ingat SNMPTN berpengaruh besar. Jika kamu diterima, otomatis kamu tidak bisa mengikuti SBMPTN dan juga seleksi Mandiri di beberapa PTN.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.