Kompas.com - 14/11/2021, 05:17 WIB
Ilustrasi anak makan sayur SHUTTERSTOCK/McimageIlustrasi anak makan sayur

KOMPAS.com - Anak-anak sangat memerlukan gizi untuk tumbuh kembangnya. Apalagi, dalam perkembangannya gizi diperlukan untuk menghasilkan energi, berpikir, beraktivitas fisik, dan membangun daya tahan tubuh pada mereka.

Zat gizi yang dibutuhkan anak adalah zat gizi yang terdiri dari zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, lemak, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Salah satu makanan yang banyak mengandung zat gizi adalah sayur-sayuran.

Tetapi, banyak sekali anak-anak yang tidak menyukai sayur. Padahal sayur kaya akan vitamin dan nutrisi, serta serat yang dapat membantu dalam proses pencernaan.

Lalu, bagaimana caranya jika anak sulit untuk makan sayur atau bahkan tidak menyukainya? Dilansir dari laman Paudpedia, ada serangkaian tips agar anak mau dan suka untuk makan sayur.

1. Kenalkan anak sayur sejak dini

Saat anak masih dalam kategori bayi menu utama mereka adalah susu atau ASI, namun setelah usianya mencapai 6 bulan ada baiknya mengenalkan mereka pada sayuran.

Misalnya, dengan memberikan makanan pendamping ASI yang terdapat sayuran di dalamnya. Apabila anak sudah balita, orang tua juga dapat mengenalkan satu per satu jenis sayuran, sehingga orang tua bisa tahu sayuran apa yang anak sukai.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Kandungan dan Manfaat Sayur Bayam, Kangkung, Jagung dan Wortel

2. Beri contoh pada anak-anak

Anak jadi malas dan tidak suka makan sayur apabila melihat orang tuanya juga tidak suka memakan sayuran. Karena itu, orang tua bisa menjadi contoh yang baik kepada anak jika memakan sayur itu menyenangkan dan baik bagi kesehatan. Orang tua jjuga bisa mengajak anak untuk makan sayur bersama.

3. Sajikan sayur dalam tampilan yang menarik

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.