Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu, 5 Aplikasi Penting bagi Mahasiswa Jurusan Statistika

Kompas.com - 16/11/2021, 06:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulusan jurusan Statiska tidak hanya dituntut mahir mengolah dan menganalisis data saja.

Mereka juga diharapkan dapat mencari pemecahan masalah sesuai bidang keahliannya berdasarkan informasi dari data yang diperoleh. Untuk mencapainya, mahasiswa Statistika tentu membutuhkan alat bantu berupa software khusus.

Perlu diketahui jurusan Statistika merupakan sebuah ilmu yang mengusut bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan. Kemudian pada akhirnya mempresentasikan data. Sehingga data tersebut dapat dijadikan sumber informasi bermanfaat bagi banyak orang.

Sebagai perpanjangan ilmu Matematika, program studi Statistika terbiasa menyajikan angka dan data dalam pembahasannya.

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Ini Cara Diet yang Benar dari Dosen Unesa

Bagi calon mahasiswa yang suka Matematika, jurusan Statiska ini bisa menjadi pilihan. Untuk membantu dalam proses belajar, mahasiswa Statiska bisa memanfaatkan beberapa aplikasi statistik.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (15/11/2021), ada 5 aplikasi penting yang biasa digunakan mahasiswa Statistika. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

1. GeoGebra

Aplikasi ini bisa digunakan oleh peserta didik di berbagai level pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi secara gratis melalui laman resmi pengembang ataupun Play Store.

Ada banyak pilihan GeoGebra Apps tersedia untuk membantumu belajar Geometri, Aljabar, dan Kalkulus. Beberapa contohnya adalah Calculator Suite, Graphing Calculator, Geometry, GeoGebra Classic 6, dan lain-lain.

Baca juga: Mahasiswa Itera Gagas Wastewater Reuse Solusi Mencegah Krisis Air

2. LaTex

LaTex menjadi penunjang proses belajar mahasiswa Statistika (khususnya pada proyek typesetting document atau membuat formula Matematika). Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi perangkat, mulai dari Mac OS, Windows, dan Linux.

Aplikasi ini diberikan secara cuma-cuma bagi peminatnya. Hanya saja, Tim LaTex tetap mengharapkan bantuan tiap pengguna agar dapat memberikan donasi pemeliharaan dan pengembangan.

3. Euler Math Toolbox

Aplikasi penting mahasiswa Statistika selanjutnya adalah hasil pemikiran Rene Grothmann—seorang Guru Besar Matematika dari Universitas Eichstätt, Jerman. Kamu bisa memanfaatkan Euler Math Toolbox dalam hal algoritma numerik, ekspor grafis, dan visualisasi data.

Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, kamu bisa mengunduh Euler Math Toolbox secara gratis melalui website resminya.

Baca juga: Pakar Undip: Ragam Obat Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

4. R and RStudio

Sebagai sebuah aplikasi open source, R & RStudio dapat dimanfaatkan tanpa berbayar. Sejak awal pengembangan, aplikasi ini memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan data analyst atau data scientist. Kamu akan menemukan banyak fitur andalan untuk menyelesaikan permasalahan Statistika dasar dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa dipakai di sistem operasi Linux, Windows, dan Mac OS. Bagi kamu yang berminat, software R & RStudio bisa diperoleh dari website resminya.

5. LINDO Systems

Mata kuliah Pemrograman Linier, Pemrograman Integer, Pemrograman Stokastik, dan Pemrograman Nonlinier menjadi lebih sederhana jika kamu menguasai penggunaan aplikasi LINDO (Linear Interactive Discrete Optimizer). Untuk mencoba, pihak pengembang menyediakan trial products di laman resminya.

Baca juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Jadi Tendik Tetap bagi Lulusan SMK-S1

Itulah 5 aplikasi penting yang bisa dimanfaatkan mahasiswa Statistika. Dengan  mengoptimalkan semua media juga bisa membantu lebih paham mata kuliah yang dipelajari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com