Kompas.com - 16/11/2021, 06:25 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lulusan jurusan Statiska tidak hanya dituntut mahir mengolah dan menganalisis data saja.

Mereka juga diharapkan dapat mencari pemecahan masalah sesuai bidang keahliannya berdasarkan informasi dari data yang diperoleh. Untuk mencapainya, mahasiswa Statistika tentu membutuhkan alat bantu berupa software khusus.

Perlu diketahui jurusan Statistika merupakan sebuah ilmu yang mengusut bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan. Kemudian pada akhirnya mempresentasikan data. Sehingga data tersebut dapat dijadikan sumber informasi bermanfaat bagi banyak orang.

Sebagai perpanjangan ilmu Matematika, program studi Statistika terbiasa menyajikan angka dan data dalam pembahasannya.

Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Ini Cara Diet yang Benar dari Dosen Unesa

Bagi calon mahasiswa yang suka Matematika, jurusan Statiska ini bisa menjadi pilihan. Untuk membantu dalam proses belajar, mahasiswa Statiska bisa memanfaatkan beberapa aplikasi statistik.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (15/11/2021), ada 5 aplikasi penting yang biasa digunakan mahasiswa Statistika. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

1. GeoGebra

Aplikasi ini bisa digunakan oleh peserta didik di berbagai level pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi secara gratis melalui laman resmi pengembang ataupun Play Store.

Ada banyak pilihan GeoGebra Apps tersedia untuk membantumu belajar Geometri, Aljabar, dan Kalkulus. Beberapa contohnya adalah Calculator Suite, Graphing Calculator, Geometry, GeoGebra Classic 6, dan lain-lain.

Baca juga: Mahasiswa Itera Gagas Wastewater Reuse Solusi Mencegah Krisis Air

2. LaTex

LaTex menjadi penunjang proses belajar mahasiswa Statistika (khususnya pada proyek typesetting document atau membuat formula Matematika). Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem operasi perangkat, mulai dari Mac OS, Windows, dan Linux.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.