Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Talkshow Unesa: Ini Langkah-Langkah Diet yang Benar

Kompas.com - 16/11/2021, 10:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ingin punya tubuh yang ideal. Tetapi agar tubuh bisa ideal, butuh proses yang tak mudah. Salah satunya rajin berolahraga.

Apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja. Karena rutinitas harian yang padat, olahraga dan pola hidup bersih serta sehat kadang kurang diperhatikan.

Padahal, faktor-faktor tersebut menjadi kunci memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Lantas, bagaimana caranya punya badan ideal?

Baca juga: Ingin Kurus? Ini 5 Makanan untuk Diet

Terkait hal itu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan Talkshow Body Goals & Diet Teratur dan Terukur pada Sabtu (13/11/2021).

Salah satu narasumber, Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Unesa, Dr. Donny Ardy Kusuma, S.Pd., M.Kes., mengatakan bahwa olahraga dapat membantu untuk meningkatkan sel pertahanan yang ada pada darah.

Olahraga juga mampu meningkatkan kadar endorphin atau hormon senang dan bahkan bisa menurunkan stres.

Menurutnya, agar memiliki badan ideal, harus memerhatikan beberapa hal, termasuk diet. Diet harus dijalankan dengan menyenangkan, tidak boleh merasa terpaksa apalagi sampai merasa tersiksa.

Tiga langkah diet

Jika berencana diet, setidaknya harus menerapkan tiga langkah, yakni:

  • plan
  • learn
  • do it

Pada tahapan learn, harus memahami tubuh dan memenuhi kebutuhannya untuk memperoleh tubuh yang ideal.

Kemudian pada tahap plan, harus merencanakan asupan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Sedangkan do it, yang berarti selama menjalani diet harus berkomitmen untuk melaksanakan pola hidup sehat. Jadi itu langkah langkah diet yang benar.

Donny Ardy memberikan tip untuk seorang pemula yang akan melakukan olahraga dan yang memiliki penyakit kronis sebaiknya melakukan aktivitas dengan intensitas yang rendah saja.

Bisa lebih dari empat minggu secara teratur. Kemudian jika memiliki keluhan tertentu, seperti kaku bahu, nyeri tulang belakang, pascastroke, dan lain-lain, perlu menjalani olahraga khusus.

"Jangan lupa olahraga, ternyata olahraga itu, walaupun membersihkan rumah, termasuk dalam aktivitas juga. Kalau kita melakukannya rutin setiap hari, ternyata juga bisa meningkatkan imunitas kita," terangnya seperti dikutip dari laman Unesa.

Diet itu atur pola makan

Sementara Lucy Widya Fathir, S.Pd., M.P.d. (Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Unesa) menegaskan bahwa diet jangan dibuat susah karena diet berarti mengatur pola makan bukannya mengurangi porsi makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com