Kompas.com - 20/11/2021, 12:45 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mengonsumsi mi instan sudah biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mahasiswa yang tinggal di kos-kosan, pasti selalu punya stok mie instan.

Namun terlalu sering mengonsumsi mie instan ternyata juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan kandungan serat dan nutrisi pada mi instan cukup rendah.

Agar masyarakat tak lagi khawatir sering mengonsumsi mi instan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menggagas ide membuat mie instan dari bahan yang sehat.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Ayu Fatmawati, Yuyun Endang dan Filda Aulia ini berhasil membuat produk mie instan sehat dari bahan daun kelor.

Baca juga: Ini Penjelasan Fenomena Matahari Terbit Lebih Cepat, Siswa Perlu Tahu

Manfaat daun kelor

Bahkan produk mereka berhasil didanai dan mendapatkan kesempatan pameran dalam ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek.

"Kami membuat mie ini tujuannya untuk mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan daun kelor untuk mencegah Covid-19," terang Ayu Fatmawati seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Jumat (19/11/2021).

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah banyak yang tahu daun kelor memiliki banyak manfaat.

Kandungan daun ini juga memiliki nutrisi, kalsium, potasium dan protein. Selain itu daun ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman seperti mie, sayur bening, juice, nastar, donat, bakwan dan lain-lain.

Baca juga: Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Yuk Terapkan 5 Tips Berikut Ini

Fatma mengungkapkan, dia dan tim sudah mempersiapkan secara matang saat mengikuti pameran ini. Selain pameran, Fatma beserta tim juga melakukan presentasi secara langsung.

Fatma menerangkan, mie buatan timnya memiliki keunggulan dibandingkan produk lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.