Kompas.com - 21/11/2021, 14:51 WIB
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta saat di kampus. KOMPAS.COM/Albertus AditMahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta saat di kampus.
|

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk ambil jurusan kuliah Ilmu Komunikasi, maka harus paham betul apa saja yang dipelajari. Sehingga bisa nyaman saat kuliah nantinya.

Sebab, yang belum paham tentang dunia Ilmu Komunikasi maka bakal berpikir bahwa kuliahnya nanti akan santai. Atau cuma belajar speaking saja. Padahal tidak demikian.

Pada Webinar Afternoon Talks gelaran mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (13/11/2021), hal ini dibahas lebih lengkap mengenai dunia Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Adapun pembicaranya ialah Damar Rizky Nuranda, former Director’s Personal Manager di Ravacana Films.

Cocok yang suka isu terkini

Menurut Damar, Jurusan ilmu Komunikasi sangat cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mempelajari isu-isu terkini. Ilmu Komunikasi memberi ruang untuk belajar mulai dari hal-hal yang paling kita sukai, misalnya analisis film dan musik, kampanye brand, atau pemberitaan.

"Memang terkesan santai, dikiranya tidak kuliah atau cuma belajar speaking. Padahal, kita bisa mengeksplorasi banyak bidang, mulai dari pemasaran, komunikasi strategis, media, broadcasting, sampai jadi penyiar berita," ungkap Damar seperti dikutip dari laman Fisipol UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih di Ilmu Komunikasi UGM, mahasiswa bisa memilih mata kuliah dari beragam peminatan, yaitu komunikasi strategis yang terdiri atas periklanan dan hubungan masyarakat, serta media yang terdiri atas media hiburan dan jurnalisme.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Dia memberi contoh dalam peminatan media hiburan, Damar belajar menulis script, cara menjual film, atau bagaimana cara produk media hiburan bisa tersampaikan ke masyarakat.

Ia juga mengambil mata kuliah peminatan periklanan yang menurutnya juga tidak kalah menarik.

Sebab, dia bisa mempelajari bagaimana mempromosikan produk, mempertimbangkan media yang akan menjadi wadah untuk promosi, serta menganalisis biaya melalui mata kuliah Perencanaan Media Iklan dan Media Planning.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.