Kompas.com - 24/11/2021, 06:27 WIB
Menhir yang Ada di Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta KOMPAS.com/MARKUS YUWONOMenhir yang Ada di Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Bagi wisatawan tentu sudah familiar dengan wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tetapi selain pantai pasir putih yang indah, di Gunungkidul juga ada situs purbakala.

Namanya Situs Sokoliman. Terletak di Dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, situs berdiri di area seluas 2.000 meter persegi.

Apakah siswa sekolah ingin mengetahui lebih jauh situs ini? Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (23/11/2021), ini penjelasannya.

Baca juga: Situs Manusia Purba Sangiran, Siswa Yuk Belajar

Situs Sokoliman adalah situs kepurbakalaan sekaligus tempat penyimpanan dan pelestarian peninggalan budaya dari masa Megalitikum atau masa batu besar.

Pertama ditemukan oleh dua peneliti

Adapun penemuan situs ini pertama kali dibeberkan oleh dua orang peneliti bernama J. L. Moens dan Van Der Hoop pada tahun 1934. Kala itu, Moens dan Hoop menemukan bekas-bekas peninggalan purbakala seperti kubur batu dan kerangka manusia.

Kerangka manusia yang ditemukan dihiasi oleh perbekalan berupa manik-manik, fragmen, gerabah, alat besi, serta benda-benda perunggu di tepi Sungai Oya, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, situs purbakala ini masih berantakan. Beragam penemuan artefak tersebar di sekitar area permukiman warga dalam kondisi terbengkalai.

Oleh karena itu, selama periode 1988-1992 Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY bersama dengan Departemen Arkeologi Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan kerja sama untuk mengumpulkan artefak-artefak di sebuah tempat dan menelitinya.

Artefak-artefak lain yang ditemukan di sana berupa waruga (kubur batu), papan kubur batu, dan juga menhir (batu tegak untuk objek pemujaan). Jika ditotal, terdapat 86 menhir, 5 kubur batu, dan juga 7 lempeng batu.

Diyakini masih banyak artefak lainnya

Nama Sokoliman sendiri diambil dari lima buah artefak yang berbentuk lonjong menjulang seperti tiang atau dalam bahasa Jawa disebut soko. Jadi sokoliman berarti lima sangga atau tiang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.