Kompas.com - 06/10/2021, 10:11 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah yang sedang belajar sejarah manusia purba, maka berikut ini dijelaskan mengenai kebudayaan zaman Neolitikum atau zaman batu muda.

Apa itu kebudayaan neolitikum? Tentunya kamu mengetahuinya bahwa kebudayaan neolitikum yaitu kebudayaan yang berlangsung setelah zaman batu madya (Mesolitikum).

Melansir laman Rumah Belajar Kemendikbud Ristek, zaman Neolitikum ini diperkirakan telah dimulai di Indonesia pada 1500 SM.

Baca juga: Manusia Purba di Indonesia, Siswa Yuk Belajar

Dalam upaya untuk meningkatan taraf hidup, manusia biasanya melakukan usaha-usaha agar kebutuhan pokok mereka bisa terpenuhi dengan cepat.

Teknologi dan kreativitas mampu menjawab tantangan ini dengan cara membuat alat yang bisa mempermudah, mempercepat, dan tentu saja sesuai dengan zamannya.

Perkembangan tradisi lebih maju

Pada masa awal bercocok tanam yang ditandai dengan perkembangan tradisi neolitik, alat-alat yang dihasilkan manusia pendukung budayanya sudah lebih maju jika dibandingkan dengan periode berburu dan meramu.

Yang membedakan dengan periode sebelumnya adalah teknik baru dalam pembuatannya yaitu sudah terjadi kemahiran dalam teknik penghalusan atau pengasahan (pengupaman) seperti pemakaian gerinda.

Sesuai dengan urutannya, zaman Neolitikum tentunya lebih maju daripada zaman Mesolitikum. Bahkan di zaman ini, terjadi sebuah revolusi budaya yang beberapa dari budaya tersebut masih digunakan manusia pada zaman modern.

Baca juga: Siswa, Ini Hasil Kebudayaan Zaman Paleolitikum Berikut Fungsinya

Mengapa disebut revolusi budaya zaman neolitikum? Mari kita simak penyebabnya karena pada zaman ini terjadi perubahan kebudayaan dari mengumpulkan makanan (food gathering) menjadi memproduksi makanan (food producing).

Hal ini menunjukkan adanya kemajuan pesat dari kebudayaan sebelumnya pada masa Mesolitikum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.