Kompas.com - 24/11/2021, 14:59 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi lulusan perguruan tinggi tentu harus siap bekerja di mana saja. Sebab, ada banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk semua jurusan kuliah.

Tetapi salah satu yang dibutuhkan dunia kerja ialah seseorang yang harus punya kemampuan public speaking. Menguasai public speaking akan memudahkan kamu mengemukakan gagasan atau pendapat secara langsung di muka umum.

Namun, berbicara di depan banyak orang bukanlah hal yang mudah. Tak jarang rasa gugup mendominasi hingga membuyarkan informasi yang hendak disampaikan.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Warek Unpad

Meski demikian, hal tersebut wajar terjadi, maka kamu harus bisa menguasai diri agar rasa gugup dapat terkontrol dengan baik. Ketika rasa grogi menyerang, cobalah untuk mengatur napas dan yakinkan diri bahwa kamu mampu.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menerapkan sejumlah tips berikut agar lancar berbicara di depan umum. Melansir laman Binus University, ini 7 tips lancar public speaking:

1. Rutin berlatih

Berlatih berbicara di depan cermin sangat membantu kamu untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri yang tinggi akan membantu kamu menghilangkan kegugupan ketika berbicara di depan umum.

Melalui pantulan cermin, kamu bisa memperhatikan ekspresi wajah, gerakan tangan, dan posisi tubuh. Kamu bisa melatih ekspresi yang cocok untuk materi.

Lakukan latihan secara terus-menerus agar kamu terbiasa dan makin lancar berbicara. Selain berbicara di depan cermin, kamu juga bisa berlatih ketika tengah berkendara, memasak, berkebun, mandi, ataupun mencuci. Meskipun kamu sudah mahir, konsistensi untuk terus berlatih adalah kunci agar kamu sukses berbicara di depan umum.

Baca juga: Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Yuk Terapkan 5 Tips Berikut Ini

2. Kuasai materi

Kamu juga harus bisa menguasai materi yang hendak disampaikan. Penguasaan materi yang kurang hanya akan menyebabkan kamu mengalami kesulitan.

Seperti berbicara tersendat, kehilangan fokus, dan peningkatan rasa grogi. Oleh karena itu, pastikan untuk menyerap dan memahami materi dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.