Kompas.com - 26/11/2021, 12:45 WIB
Potret HOS Tjokroaminoto, karya Affandi, 80 x 60 cm, 1946, cat minyak di kanvas. KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARAPotret HOS Tjokroaminoto, karya Affandi, 80 x 60 cm, 1946, cat minyak di kanvas.
|

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal HOS Tjokroaminto? Apakah siswa yang masih sekolah sudah paham tokoh satu ini? Seperti apa kiprahnya bagi bangsa Indonesia?

Raden Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto lahir di Ponorogo pada 16 Agustus 1882 dan wafat pada 17 Desember 1934.

HOS Tjokroaminoto merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia yaitu Sarekat Islam (SI) pada 1912.

Baca juga: Sejarah Hari Pahlawan dan Semangat Bung Tomo yang Berkobar

Sebagai pelopor gerakan Serikat Buruh di Indonesia, ide politik dari HOS Cokroaminto melahirkan berbagai ideologi untuk saat itu.

Namun di sisi lain HOS Cokroaminoto juga kerap melakukan kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda. Beberapa kutipan HOS Cokroaminoto yang terkenal antara lain Setinggi- tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno bahkan memegang teguh apa yang pernah dikatakan beliau yaitu “Pemimpin yang Hebat Menulis Seperti Jurnalis, Berbicara Seperti Orator”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait hal itu, Dewan Perwakilan Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (DPP IKA UNY) pada Selasa (23/11/2021) mengadakan seminar bertema “Yayasan Tjokroaminoto dan Pendidikan Syarekat Islam” secara Luring dan daring.

Ketua DPP IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D., mengatakan bahwa dengan terselenggaranya seminar ini menjadi bukti bahwa IKA UNY sangat peduli dengan sejarah Indonesia.

Terutama dalam bidang pendidikan, khususnya tentang peranan seorang HOS Cokroaminoto.

Sementara Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahasiswaan UNY, Prof. Lantip Diat Prasojo yang hadir secara daring mewakili Rektor UNY memberikan apresiasi yang tinggi terhadap seminar ini.

Baca juga: UGM, Pencetak Tokoh Nasional yang Terus Asah Kompetensi Lulusan lewat Kampus Merdeka

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.