Kompas.com - 26/11/2021, 15:33 WIB
Ilustrasi mahasiswa dan dosen yang menerima kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. DOK. ANDROW PARAMA M.Ilustrasi mahasiswa dan dosen yang menerima kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menjalankan program kuota gratis internet di tahun 2020 dan 2021.

Kuota gratis internet ini diberikan kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, agar bisa belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 belakangan ini.

Baca juga: Penelitian Perguruan Tinggi Harus Bermanfaat bagi Masyarakat Luas

Bagi mereka yang memperoleh kuota gratis internet dari Kemendikbud Ristek mempunyai keluh maupun kesan.

Salah satunya siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan di Bekasi, Fachrezi Safahnan.

Menurut dia, kuota gratis internet yang diberikan pemerintah membantu siswa yang menjalankan pembelajaran dengan metode PJJ (belajar online).

Dengan adanya kuota gratis internet, maka siswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

"Itu juga bisa membantu orangtua kami yang saat ini sedang berjuang keras di masa susah pandemi Covid-19. Jadi saya berterima kasih dengan pemerintah, karena adanya kuota gratis internet ini," ucap pria yang akrab disapa Anan ini kepada Kompas.com, seperti diberitakan Jumat (26/11/2021).

Karena banyak manfaatnya, kata Anan, dia berharap pemerintah bisa menjalankan kembali program kuota gratis internet ini.

Apalagi banyak siswa, mahasiswa, guru maupun dosen yang belum memperoleh kuota gratis internet di periode 2020 maupun 2021.

Baca juga: Menag: Kami Terus Peduli Guru demi Masa Depan Anak Bangsa

"Teman saya banyak yang tidak dapat. Mereka yang tidak dapat, apakah memang tidak didaftarkan, terdaftar tapi tidak dapat atau seperti apa. Itu yang sangat disayangkan," terang dia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.