Kompas.com - 30/11/2021, 08:51 WIB
Bagi pemula, kuasai terlebih dahulu cara push up modifikasi, seperti kneeling push up (bertumpu pada lutut), sebelum mencoba push up biasa. SHUTTERSTOCK/FIZKESBagi pemula, kuasai terlebih dahulu cara push up modifikasi, seperti kneeling push up (bertumpu pada lutut), sebelum mencoba push up biasa.
|

KOMPAS.com - Selama setahun lebih, pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman siapa saja. Untuk itu, aktivitas di luar rumah tetap dibatasi atau dengan protokol kesehatan.

Bagi siswa sekolah, salah satu mata pelajaran yang belum bisa dilakukan ialah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (penjaskes). Tapi, olahraga masih bisa dilakukan dari rumah. Hal ini agar tubuh siswa tetap sehat dan bugar.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepada tubuh tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

Baca juga: Siswa, Ini Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Bidang Ekonomi

 

Bila tubuh bugar dan fit, berbagai pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik dapat dilakukan dengan mudah. Maka, olahraga di rumah sangat diperlukan.

Kebugaran jasmani terkait erat dengan kekuatan otot. Kekuatan otot ini merupakan daya penggerak di dalam setiap kegiatan, mengurangi potensi terjadinya cedera, menguatkan stabilitas persendian serta menunjang efisiensi kerja.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, ada beberapa latihan fisik yang dapat lakukan di rumah untuk mengasah kekuatan otot.

Push up

Ini merupakan latihan yang paling banyak dikenal. Push up berguna untuk memperkuat otot-otot lengan, perut, dan bahu. Gerakannya cukup mudah.

Posisikan badan telungkup/ tengkurap, kedua kaki lurus rapat dengan ujung kaki menempel di lantai. Kedua tangan lurus menumpu di lantai selebar bahu atau dengan siku ditekuk.

Setelah itu, angkat badan ke atas dan turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai.

Baca juga: Gerak Dasar Sepak Bola, Siswa Sudah Paham?

Sit up

Sit up cukup sulit dilakukan bagi yang tidak terbiasa. Namun, jenis gerakan ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh karena melatih berbagai otot seperti otot perut, bahu, dada, panggul, dan pinggang bagian bawah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.