Kompas.com - 02/12/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi anak. FREEPIK/JCOMPIlustrasi anak.

KOMPAS.com - Mendengarkan musik membuat hati gembira siapa saja yang mendengarkan. Tetapi, dari mendengarkan musik proses tumbuh kembang anak usia dini bisa termaksimalkan.

Salah satu manfaat mendengarkan musik bagi anak usia dini mampu menstimulasi perilaku prososial terhadap anak. Perilaku prososial berkaitan erat dengan kepedulian seseorang kepada lingkungan sekitar.

Anak yang memiliki sifat prososial akan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, hasilnya anak akan diterima di lingkungannya hingga mampu berperan dalam sebuah kelompok.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Dilansir dari laman Paupedia, musik dengan lirik positif atau prososial dapat meredakan perilaku agresif, lirik yang menceritakan pengalaman, kasih sayang, nasihat, pengetahuan, cita-cita dan cerita-cerita yang sesuai dengan tumbuh kembang anak akan mudah di serap.

Lagu anak memiliki irama yang sederhana sehingga dapat mudah dipelajari oleh anak usia dini. Orang tua bisa memilihkan lagu yang tepat karena anak mempunyai kepekaan yang baik terhadap musik.

Musik dapat merangsang pertumbuhan otak dan mengaktifkan koneksi otak anak usia dini, selain itu juga ada irama musik dengan isi lirik yang baik akan direkam dan diikuti oleh anak usia dini dan akan ditiru dalam perilaku sehari-hari.

Orang tua juga harus memperhatikan kondisi anak, anak-anak yang memiliki keterlambatan dalam berbicara dan lama dalam berpikir akan memiliki kesulitan dalam menghafal dan menyanyi, oleh karena itu pilihlah lagi yang sangat sederhana untuk anak yang memiliki gangguan seperti itu.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Dengan memahami karakter lagu diharapkan orang tua, guru dapat menentukan dan memilih lagu yang disajikan sebagai menu pembelajaran anak di sekolah dan di rumah dengan mendengarkan musik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua saat memilihkan lagi untuk anak usia dini.

1. Pilihlah lagu yang bertema anak-anak

Akan lebih baik lagi juga dinyanyikan anak yang seusianya. Beberapa tema yang layak untuk anak antara lain tentang kasih sayang, baik kepada Tuhan, orang tua, teman, binatang, maupun sesama makhluk hidup lainnya. Tema lainnya adalah tentang alam, permainan, cinta tanah air, persahabatan dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.