Kompas.com - 05/12/2021, 14:37 WIB
|

KOMPAS.com - Ketika sudah menjadi mahasiswa, maka langkah berikutnya ialah kuliah dengan baik. Tak hanya itu saja, mahasiswa juga harus bisa lulus tepat waktu.

Terlebih di jenjang S1 umumnya selesai kuliah dalam waktu 4 tahun. Bahkan ada yang tiga tahun lebih sudah lulus S1.

Tentu, hal itu membuat para mahasiswa mencari berbagai cara untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Tetapi, tidak semua mahasiswa benar-benar lancar menyelesaikan perkuliahannya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Cop Busi Minim Resistansi dari Sampah Plastik

Ada beberapa alasan yang mendasar, baik karena tidak mengetahui berbagai hal administratif di kampus hingga adanya permasalahan dengan dosen.

Tips lulus kuliah tepat waktu

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini 5 tips lulus kuliah tepat waktu:

1. Jumlah SKS minimal untuk lulus diperhatikan

Jenjang S1, biasanya selama 8 semester akan mendapatkan 144-150 satuan kredit semester (SKS). Jumlah ini tentunya sudah dirancang sedemikian rupa agar kamu bisa lulus tepat 4 tahun.

Di beberapa kampus, kamu bisa menambah SKS pada semester berikutnya, jika pada semester sebelumnya kamu mendapatkan indeks prestasi (IP) 3.00 ke atas. Jadi, kamu bisa mengambil 24 SKS sehingga berpeluang lulus lebih cepat.

2. Ingat kewajiban utama mahasiswa

Hal pertama ialah sebagai mahasiswa harus tahu kewajiban untuk belajar dan mengembangkan potensi akademik. Namun, seringkali mahasiswa melalaikan kewajibannya dan lebih memilih untuk berfokus dalam kegiatan di luar kuliah, seperti organisasi.

Ikut kegiatan atau organisasi saat berkuliah bukanlah hal yang salah. Namun, jika diimbangi dengan melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa, tentunya kamu akan lulus kuliah tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga: Alat Pemantau Kualitas Air Ini Hasil Inovasi Mahasiswa ITS

3. Harus atur manajemen waktu

Manajemen waktu adalah permasalahan yang seringkali dihadapi oleh mahasiswa, terutama bagi mereka yang harus mengimbangi antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.