Kompas.com - 11/12/2021, 12:54 WIB

KOMPAS.com - Apakah kamu tahu jurusan kuliah yang menjanjikan prospek kerja bagus dengan gaji tinggi saat ini dan beberapa tahun ke depan?

Jika belum, kamu harus tahu jika jurusan yang paling menjanjikan sifatnya dinamis dan bisa saja berubah sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Kalau kamu ingin tahu jurusan yang dibutuhkan di masa depan tentu saja harus bisa jeli melihat tren saat ini. Contohnya, peralihan cara konvensional yang kemudian menjadi teknologi digital dan informatika.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

 

Melihat kecenderungan tren tersebut, sudah hampir bisa dipastikan bidang-bidang yang berhubungan dengan teknologi digital dan informatika akan sangat dibutuhkan beberapa tahun ke depan.

Dengan mengetahui jurusan apa saja yang nantinya memiliki prospek bagus di dunia kerja, pastinya akan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena selama kuliah kamu telah mempersiapkan hal tersebut.

Bayangkan kalau 5-10 tahun ke depan saat tenaga manusia sudah 75 persen digantikan dengan komputer dan mesin, artinya lapangan kerja semakin sempit.

Namun, kamu tetap bisa mendapatkan peluang kerja dengan gaji yang bagus kalau bisa memperkirakan kebutuhan industri beberapa tahun ke depan. Kalau kamu masih belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dan bingung mencari jurusan kuliah yang menjanjikan simak dulu daftar 10 jurusan menjanjikan di masa depan berikut yang dirangkum dari laman Quipper.

1. Ilmu Gizi

Pekerjaan dengan latar belakang pendidikan Ilmu Gizi akan semakin dibutuhkan beberapa tahun mendatang. Akibat gaya hidup yang kurang baik, semakin banyak penyakit-penyakit degeneratif yang rawan menyerang manusia seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Masyarakat yang menyayangi dirinya sendiri akan semakin menyadari pentingnya menjaga pola makan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Siapa yang mereka butuhkan untuk berkonsultasi tentang pola makan sehat tersebut? Ahli gizi jawabannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.