Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2021, 12:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu tahu jurusan kuliah yang menjanjikan prospek kerja bagus dengan gaji tinggi saat ini dan beberapa tahun ke depan?

Jika belum, kamu harus tahu jika jurusan yang paling menjanjikan sifatnya dinamis dan bisa saja berubah sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Kalau kamu ingin tahu jurusan yang dibutuhkan di masa depan tentu saja harus bisa jeli melihat tren saat ini. Contohnya, peralihan cara konvensional yang kemudian menjadi teknologi digital dan informatika.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

 

Melihat kecenderungan tren tersebut, sudah hampir bisa dipastikan bidang-bidang yang berhubungan dengan teknologi digital dan informatika akan sangat dibutuhkan beberapa tahun ke depan.

Dengan mengetahui jurusan apa saja yang nantinya memiliki prospek bagus di dunia kerja, pastinya akan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena selama kuliah kamu telah mempersiapkan hal tersebut.

Bayangkan kalau 5-10 tahun ke depan saat tenaga manusia sudah 75 persen digantikan dengan komputer dan mesin, artinya lapangan kerja semakin sempit.

Namun, kamu tetap bisa mendapatkan peluang kerja dengan gaji yang bagus kalau bisa memperkirakan kebutuhan industri beberapa tahun ke depan. Kalau kamu masih belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dan bingung mencari jurusan kuliah yang menjanjikan simak dulu daftar 10 jurusan menjanjikan di masa depan berikut yang dirangkum dari laman Quipper.

1. Ilmu Gizi

Pekerjaan dengan latar belakang pendidikan Ilmu Gizi akan semakin dibutuhkan beberapa tahun mendatang. Akibat gaya hidup yang kurang baik, semakin banyak penyakit-penyakit degeneratif yang rawan menyerang manusia seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Masyarakat yang menyayangi dirinya sendiri akan semakin menyadari pentingnya menjaga pola makan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Siapa yang mereka butuhkan untuk berkonsultasi tentang pola makan sehat tersebut? Ahli gizi jawabannya.

Jika saat ini sudah cukup banyak beredar aplikasi atau software yang juga mampu memberikan rekomendasi tentang menu diet dan takaran gizi, maka bukan berarti peran ahli gizi tergantikan ya! Pekerjaan utama seorang ahli gizi bukan sebatas itu saja, melainkan juga memiliki kemampuan dalam mendiagnosis kebutuhan gizi seseorang dalam kondisi dan untuk tujuan tertentu.

Misalnya, membantu seseorang menyusun menu diet terbaik sesuai kondisi kesehatannya atau mengatur kebutuhan gizi atlet profesional sesuai spesialisasinya. Ahli gizi juga sangat dibutuhkan pada industri makanan di perusahaan-perusahaan. Sebagai lulusan Ilmu Gizi kamu juga bisa menjadi seorang konsultan yang gajinya cukup tinggi.

Baca juga: Peluang Gaji Tinggi, Ini Prospek Kerja Lulusan Prodi Pertambangan

2. Kedokteran

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Ilmu Gizi, bidang kesehatan yang juga tidak akan pernah ada habisnya adalah Kedokteran. Jika dilihat fenomena saat ini, banyak orang-orang dengan usia yang masih relatif muda sudah terkena penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, diabetes, asam urat, dan sebagainya.

Artinya, beberapa tahun ke depan kebutuhan tenaga dokter spesialis bisa sangat tinggi dikarenakan gaya hidup modern yang dianut oleh orang-orang zaman sekarang cenderung lebih mudah mengundang penyakit seperti yang disebutkan di atas. Lalu, dengan semakin majunya teknologi di bidang kedokteran bukan berarti kebutuhan tenaga dokter semakin berkurang atau malah tergantikan oleh teknologi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com