Kompas.com - 12/12/2021, 20:29 WIB
|

KOMPAS.com - Menyikat gigi dengan benar penting dilakukan oleh setiap orang. Sebab jika tidak dan timbul plak, maka dapat jadi penyebab utama dari penyakit di rongga mulut.

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Amaliya, drg., M.Sc., plak tidak dapat hilang hanya dengan berkumur. Plak melekat erat pada permukaan gigi dan semua permukaan keras yang ada di rongga mulut.

"Plak tidak bisa berkumur saja, tetapi plak gigi bisa hilang dengan menyikat gigi," jelas Amaliya pada acara Webinar Pengabdian Series X FKG Unpad yang digelar secara virtual, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Siswa SD, Ini Lho Pentingnya Menggosok Gigi

Ternyata, jika kita sudah menyikat gigi, beberapa menit plak dapat kembali terbentuk. Ini karena plak atau bio film pada rongga mulut ini akan terus terbentuk karena adanya ludah.

"Jadi kalau dikatakan kita akan hidup terus bersama plak. Selama ada ludah, plak gigi akan terus terbentuk," tutur Amaliya seperti dikutip dari laman Unpad.

Plak dihidupi kuman

Dijelaskan, plak adalah lapisan tipis yang berwarna transparan atau putih kekuningan. Lapisan ini dapat menempel pada semua permukaan keras dalam rongga mulut, termasuk gigi, tambalan, gigi tiruan, dan kawat orto.

"Biasanya warnanya hampir mirip dengan gigi sehingga tidak mudah untuk dibedakan dengan permukaan gigi," imbuhnya.

Menurutnya, plak dihidupi beragam kuman. Plak diibaratkan seperti kota yang padat penduduk. Semakin lama tidak dibersihkan, kuman akan semakin menumpuk dan mengundang berbagai kuman lain untuk hidup di permukaan gigi.

Hal itu juga dapat diibaratkan jika beberapa hari tidak menyikat gigi maka plak akan terbentuk sangat banyak dan tebal.

Karena sulit dibedakan dengan warna gigi, banyak yang tidak sadar bahwa di giginya ada banyak plak yang harus dibersihkan.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.