Kompas.com - 08/11/2021, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Tetapi, cara mengatasi sakit kepala sebenarnya tak perlu minum obat. Lantas bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menekan ibu jari kaki. Karena jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala.

Melansir laman Universitas Nasional (Unas), berikut ini dijelaskan tips meredakan sakit kepala tanpa obat:

1. Minum air putih

Sakit kepala mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Beberapa ahli mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan pembuluh darah di otak kesulitan mengatur kadar cairan tubuh sehingga memicu sakit kepala.

Baca juga: 3 Cara Obati Sakit Gigi dari Dosen FKG Unpad

2. Tekan ibu jari kaki

Dalam refleksologi, jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala. Memberikan sedikit tekanan pada ibu jari biasanya akan meredakan sakit kepala.

3. Gunakan bola tenis

Ambil dua bola tenis, sejajarkan. Setelah itu, berbaringlah dan posisikan bola di belakang leher. Perlahan-lahan, berikan sedikit tekanan seolah bola memijat leher. Hal ini akan membantu menenangkan otot-otot suboksipital yang merupakan penyebab utama nyeri ketegangan sakit kepala.

4. Gigit cabai rawit

Ahli gizi Lily Soutter dari Nuffield Health mengatakan, bahan aktif dalam cabai, capsaicin telah terbukti dapat meredakan sakit kepala untuk penderita migrain.

5. Makanlah sesuatu

Ahli gizi, Alexis Poole mengatakan, otak Anda membutuhkan energi untuk berfungsi. Jika kadar glukosa turun terlalu rendah, maka salah satu dampaknya adalah sakit kepala.

6. Menundukkan kepala

Banyak sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan di otot leher. Menundukkan atau mendongakkan kepala akan membantu meredakan sakit kepala.

Tundukkan kepala, selipkan dagu di dada bagian atas. Selanjutnya, angkat kepala hingga beberapa waktu.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.