Kompas.com - 20/12/2021, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan menjadi kesempatan berharga untuk melebarkan sayap karier.

Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma maupun sarjana.

Itulah mengapa, ketika kamu akan berstatus sebagai mahasiswa, merencanakan masa depanmu perlu dilakukan secara matang. Salah satunya dengan memilih jurusan yang tepat dan cocok dengan kemampuan yang kamu miliki.

Menjelang pergantian tahun baru 2022, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dunia yang semakin dipenuhi dengan segala aktivitas digital, menuntut lulusan perguruan tinggi mengenal dan mempelajari data.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Sebab, di era digitalisasi ini, baik pembelajaran maupun pekerjaan sudah mulai menggunakan data sebagai acuan atau landasan. Inilah yang disebut data driven.

Lalu, jurusan apa saja ya yang memiliki karier cemerlang di era yang erat dengan data driven? Melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara, berikut sejumlah jurusan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Teknologi Informasi (TI)/Information Technology (IT)

Berbekal ilmu komputer yang kamu miliki, kamu sangat berpotensi untuk bisa mengambil peran dalam dunia data science. Mulai dari bahasa pemrograman, coding, algoritma, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, jurusan ini dinilai memiliki prospek yang bagus serta karier cemerlang di bidang teknologi yang erat kaitannya dengan data driven.

2. Matematika

Jurusan yang satu ini disebut-sebut sebagai jurusan yang memiliki peluang yang sama dengan orang-orang IT. Sebab, orang yang memiliki latar pendidikan matematika dianggap lebih siap menghadapi industri data.

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Sejatinya, memang diperlukan kemampuan matematika dalam proses pengolahan data. Misalnya, penerapan algoritma untuk pemodelan data exploratory, predictive, serta perspective guna menghasilkan rekomendasi secara akurat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.