Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, 5 Jurusan Ini Punya Prospek Kerja Cerah Bidang Teknologi

Kompas.com - 20/12/2021, 10:42 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan menjadi kesempatan berharga untuk melebarkan sayap karier.

Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma maupun sarjana.

Itulah mengapa, ketika kamu akan berstatus sebagai mahasiswa, merencanakan masa depanmu perlu dilakukan secara matang. Salah satunya dengan memilih jurusan yang tepat dan cocok dengan kemampuan yang kamu miliki.

Menjelang pergantian tahun baru 2022, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dunia yang semakin dipenuhi dengan segala aktivitas digital, menuntut lulusan perguruan tinggi mengenal dan mempelajari data.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Sebab, di era digitalisasi ini, baik pembelajaran maupun pekerjaan sudah mulai menggunakan data sebagai acuan atau landasan. Inilah yang disebut data driven.

Lalu, jurusan apa saja ya yang memiliki karier cemerlang di era yang erat dengan data driven? Melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara, berikut sejumlah jurusan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Teknologi Informasi (TI)/Information Technology (IT)

Berbekal ilmu komputer yang kamu miliki, kamu sangat berpotensi untuk bisa mengambil peran dalam dunia data science. Mulai dari bahasa pemrograman, coding, algoritma, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, jurusan ini dinilai memiliki prospek yang bagus serta karier cemerlang di bidang teknologi yang erat kaitannya dengan data driven.

2. Matematika

Jurusan yang satu ini disebut-sebut sebagai jurusan yang memiliki peluang yang sama dengan orang-orang IT. Sebab, orang yang memiliki latar pendidikan matematika dianggap lebih siap menghadapi industri data.

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Sejatinya, memang diperlukan kemampuan matematika dalam proses pengolahan data. Misalnya, penerapan algoritma untuk pemodelan data exploratory, predictive, serta perspective guna menghasilkan rekomendasi secara akurat.

Kemudian, dengan kemampuan kalkulus serta aljabar linier yang kamu miliki, membuatmu akan lebih mudah dalam mengoperasikan machine learning.

3. Teknik

Jurusan yang satu ini sering dicap sebagai jurusan yang identik dengan laki-laki, padahal perempuan pun juga bisa memilih jurusan ini.

Di tahun 2022 mendatang, jurusan teknik dianggap masih tetap memiliki karier yang cemerlang, khususnya di industri data. Baik bagi mereka yang memilih teknik mesin, teknik informatika, maupun teknik telekomunikasi.

4. Ekonomi

Para ahli keuangan ini umumnya sudah terbiasa menggunakan Microsoft Excel dalam mengolah angka-angka. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu modal awal untuk bisa berprofesi sebagai praktisi data.

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Imigrasi Milik Kemenkumham, Lulusan Jadi CPNS

Sebab, Excel menjadi salah satu alat pengolah data yang juga umum digunakan, khususnya bagi mereka yang baru memulai karier.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com