Kompas.com - 20/12/2021, 07:55 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu indera penting bagi manusia adalah mata. Sebab, dari mata mampu menyerap informasi visual yang digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Tetapi, seringkali gangguan terhadap penglihatan banyak terjadi. Mulai dari gangguan ringan hingga gangguan yang berat. Guna mencegah dan menanggulangi gangguan penglihatan, maka perlu mendapatkan perhatian bersama.

Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro (RSND Undip), dr. Andhika Guna Dharma, Sp.M(K)., FICS., mengajak semua orang agar mencintai mata.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

"Kita mesti mencintai mata, karena merupakan indera yang paling utama, sehingga harus menjaga mata kita agar tetap sehat," ujarnya dikutip dari laman Undip, Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, yang paling sering dikeluhkan masyarakat adalah penglihatan buram atau kabur. Hal tersebut bisa terjadi karena:

  • kelainan refraksi mata
  • kelainan media yang dapat terjadi karena infeksi atau kekeruhan dilensa yang disebut dengan katarak
  • kelainan saraf atau retina

Dijelaskan, ada dan tidak ada keluhan sebaiknya melakukan pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin, minimal 6 bulan sekali.

Terutama kelompok usia yang lebih lanjut (40-50 tahun ke atas), dan pada usia 50-60 tahun yang biasanya mulai timbul katarak.

Selain itu jika ada penyakit-penyakit penyerta lainnya, seperti darah tinggi, kenaikan kadar gula darah atau hiperkolesterol itu dapat menimbulkan dampak di mata, maka idealnya melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Tips jaga kesehatan mata

Antisipasi yang bisa dilakukan untuk kesehatan mata diantaranya:

1. memperhatikan kondisi ruangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.