Kompas.com - 26/12/2021, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Banyak mahasiswa yang kebingungan saat menulis artikel ilmiah. Sebelumnya, mahasiswa bahkan peneliti menulis publikasi, seorang penulis harus memahami tujuan dari penulisan artikel tersebut.

Selain itu, perlu dipahami juga mengenai standar substansi, standar tata kelola (meliputi author guidelines dan template), serta trik dan strateginya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

Hal ini, ditegaskan Prof. Irwansyah, dari Universitas Hasanuddin (Unhas). Ia menyatakan bahwa artikel yang bersumber dari tesis atau disertasi harus difokuskan pembahasannya.

Artikel yang akan diterbitkan tidak menyalin semua tesis atau disertai, tetapi memilih satu rumusan masalah yang mewakili dari gagasan yang dibahas.

Tesis pada umumnya membahas dua rumusan masalah, sedangkan disertasi pada umumnya membahas tiga rumusan masalah. Agar nantinya tulisan-tulisan yang akan dimuat di jurnal tidak lagi bekerja dua kali, makanya nanti tulisan cukup bersumber dari naskah tesis atau disertasinya.

"Dari dua atau tiga rumusan masalah itu dipilih hanya satu yang mewakili gagasan untuk difokuskan dalam membuat tulisan," jelasnya, saat mengisi kegiatan Lokakarya Pendampingan Penulisan Tugas Akhir Magister dan Doktor di Universitas Airlangga (Unair) beberap waktu lalu.

Baca juga: Tim Peneliti UGM Buat Alat Pendeteksi Stunting pada Anak

Ia mengatakan, ada beberapa bagian penting saat menulis artikel. Setidaknya, 7 hal ini harus ada di dalam artikel:

1. Judul artikel, harus menarik atensi dan bersifat provokatif, mengambarkan isi atau temuan, tidak berupa singkatan dan nama peraturan, dan tanpa nama objek atau lokasi penelitian.

2. Abstak, berisi tujuan penulisan artikel, metode singkat penulisan, hasil-hasil penting, temuan, kesimpulan, dan implikasi terhadap teori dan praktik.

3. Keyword, konsep penting yang berupa kata atau frasa, disusun dari spesifik ke umum, dan tidak harus termuat dalam judul dan abstrak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.