Kompas.com - 04/01/2022, 17:05 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sivitas akademika didorong terus berinovasi untuk menyediakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi saat ini maupun di masa yang akan datang.

Termasuk inovasi yang ramah lingkungan agar bumi tempat manusia tinggal tetap terjaga kelestariannya.

Salah satu yang terus dikembangkan saat ini adalah keberadaan kendaraan listrik yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.

Menjawab permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil membuat sepeda listrik yang diberi nama Inobike UNY.

Baca juga: Dokter RSND Undip Jelaskan Gejala Asma dan Upaya Pencegahannya

Sepeda listrik Inobike UNY

Sepeda ini mampu melaju hingga 40 kilometer dengan pengisian daya selama kurang lebih 2 jam. Sepeda Inobike UNY merupakan contoh awal riset yang terintegrasi dengan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

"Karya ini merupakan perwujudnya kerjasama triple helix ABG, yakni Academic dengan UNY sebagai penyedia konsep riset dan SDM, business dengan industri sebagai pelaku usaha yang menghilirkan inovasi, dan pemerintah sebagai regulator," ujar Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY Apri Nuryanto seperti dikutip dari laman UNY, Selasa (4/1/2022).

Jika dilihat sepintas, sepeda listrik ini tak berbeda dengan sepeda pada umumnya. Namun dilengkapi dengan fitur pedal assist yang bila dikayuh sepeda akan bergerak lebih cepat.

Spesifikasi sepeda listrik UNY

Dinamo penggerak menggunakan Hi-Speed BLDC 36V 350 W dan Battery Lithium-Ion 36V 6,4Ah 230Wh. Mesin yang digerakkan baterai secara otomatis langsung bekerja mendorong sepeda jadi lebih kencang. Sehingga membantu pengguna sepeda agar tidak cepat lelah.

"Namun begitu, sistem pedal assist dapat bekerja dengan baik untuk track jalan yang landai bukan tanjakan," beber Apri.

Baca juga: Despro ITS Beri Golden Ticket di SNMPTN 2022, YouTuber Bisa Daftar

Selain itu di bagian stang sepeda, terdapat LCD untuk mengatur kecepatan dengan 5 tingkatan speed.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.