Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2022, 10:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa, apakah sudah tahu kampus termahal di Indonesia itu di mana? Berapa ya biaya kuliah tiap semesternya? Apakah benar-benar mahal?

Meski belum ada data resmi terkait kampus termahal di Indonesia, tetapi berikut ini ada informasi 5 kampus dengan biaya kuliah tinggi di Indonesia.

Melansir dari laman Quipper, Minggu (10/1/2022) ada info kampus termahal di Indonesia. Kampus mana saja itu dan berapa ya biaya kuliahnya?

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Namun jika melihat biaya kuliah yang ditetapkan oleh kampus-kampus itu, maka tak mengherankan kalau dapat cap sebagai golongan kampus termahal di Indonesia.

1. Swiss German University (SGU)

Daftar pertama ialah Swiss German University (SGU) yang berdiri pada tahun 2000. Kampus ini sebagai universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang diakui berdasarkan hukum Indonesia.

Kampus ini terbentuk lewat upaya bersama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria dengan tujuan membawa fokus internasional yang kuat dan mempromosikan pengetahuan dan teknologi dalam sistem pendidikan tinggi Indonesia.

Adapun biaya kuliah per semester di Swiss German University (SGU) terbilang tinggi yakni Rp 27,5 juta - Rp 30 juta.

2. President University

Sedangkan yang lain ialah President University. Kampus ini menetapkan biaya per semester sebesar Rp 8 juta - Rp 32 juta.

Namun tentu tergantung program studi yang kamu pilih. Meski biayanya tergolong tinggi, President University telah mengantongi akreditasi A.

Baca juga: Daftar 14 Kampus Terbaik Indonesia 2022, Ada 2 Kampus Swasta

Kampus ini terdiri dari beberapa fakultas yakni Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Humaniora.

Selain itu, President University memiliki lingkungan penelitian dan pembelajaran internasional yang kuat. Perkuliahan juga berlangsung menggunakan bahasa Inggris.

3. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Untuk kampus termahal di Indonesia lainnya ialah Universitas Pelita Harapan (UPH). Kampus ini memiliki 12 fakultas di berbagai bidang. Terdapat berbagai pilihan jurusan populer seperti Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.

Ada pula pilihan jurusan teknik termasuk Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknologi Pangan. Pilihan jurusan lainnya adalah Farmasi, Kedokteran, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya.

Jika kamu kuliah di UPH hingga lulus, dapat menghabiskan biaya hingga kurang lebih Rp 200 juta.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

4. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau Binus University juga masuk kampus termahal di Indonesia. Sebab juga mematok biaya kuliah yang cukup tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com