Kompas.com - 14/01/2022, 10:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa, apakah sudah tahu kampus termahal di Indonesia itu di mana? Berapa ya biaya kuliah tiap semesternya? Apakah benar-benar mahal?

Meski belum ada data resmi terkait kampus termahal di Indonesia, tetapi berikut ini ada informasi 5 kampus dengan biaya kuliah tinggi di Indonesia.

Melansir dari laman Quipper, Minggu (10/1/2022) ada info kampus termahal di Indonesia. Kampus mana saja itu dan berapa ya biaya kuliahnya?

Baca juga: USU Komitmen Internasionalisasi Kampus Terus Digenjot

Namun jika melihat biaya kuliah yang ditetapkan oleh kampus-kampus itu, maka tak mengherankan kalau dapat cap sebagai golongan kampus termahal di Indonesia.

1. Swiss German University (SGU)

Daftar pertama ialah Swiss German University (SGU) yang berdiri pada tahun 2000. Kampus ini sebagai universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang diakui berdasarkan hukum Indonesia.

Kampus ini terbentuk lewat upaya bersama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria dengan tujuan membawa fokus internasional yang kuat dan mempromosikan pengetahuan dan teknologi dalam sistem pendidikan tinggi Indonesia.

Adapun biaya kuliah per semester di Swiss German University (SGU) terbilang tinggi yakni Rp 27,5 juta - Rp 30 juta.

2. President University

Sedangkan yang lain ialah President University. Kampus ini menetapkan biaya per semester sebesar Rp 8 juta - Rp 32 juta.

Namun tentu tergantung program studi yang kamu pilih. Meski biayanya tergolong tinggi, President University telah mengantongi akreditasi A.

Baca juga: Daftar 14 Kampus Terbaik Indonesia 2022, Ada 2 Kampus Swasta

Kampus ini terdiri dari beberapa fakultas yakni Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Humaniora.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.