Kompas.com - 15/01/2022, 11:00 WIB
Ilustrasi berenang ViktorCapIlustrasi berenang

KOMPAS.com - Renang merupakan salah satu olahraga air yang populer di masyarakat. Ada banyak gaya yang dilombakan dalam olahraga renang, seperti gaya dada, gaya bebas, dan gaya lainnya.

Renang juga mampu membakar kalori dalam tubuh sehingga menjadi salah satu rekomendasi olahraga bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Meski saat ini renang menjadi salah satu olahraga air yang populer, ternyata renang sudah dikenal sejak masa prasejarah.

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Hal ini diketahui dari penemuan berbagai goa di daerah barat daya Mesir, di sekitar Wadi Sora. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, goa-goa tersebut diyakini sebagai tempat-tempat perenang manusia zaman batu.

Selain itu, terdapat juga penemuan stempel lilin yang yang ditemukan di Mesir. Stempel lilin ini diperkirakan sudah ada sejak 4.000-9.000 tahun sebelum masehi. Di dalam stempel, digambarkan empat orang yang sedang berenang menggunakan gaya bebas.

Di Babylonia, aktivitas renang diketahui sudah ada sejak dahulu lewat lukisan yang berumur 4.000 tahun sebelum masehi.

Lukisan tersebut adalah lukisan paling terkenal yang ditemukan di padang pasir Kebir. Dalam lukisan tersebut terdapat seseorang yang berenang dengan gaya dada.

Di Jepang sendiri, teknik renang menjadi salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh para samurai saat itu. Dalam catatan sejarah, pertandingan pertama kali dalam renang diselenggarakan pada tahun 36 SM oleh Kaisar Suigui.

Baca juga: 8 Hutan Paling Seram di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Serupa dengan era samurai di Jepang, para kesatria di Abad Pertengahan juga wajib menguasai teknik renang. Hal ini bertujuan agar para kesatria mampu membawa senjata ketika berada di perairan, dan mampu mempertahankan diri dalam air agar tidak tenggelam.

Seiring berjalannya waktu, renang kemudian menjadi olahraga modern. Seorang profesor asal Jerman, Nicolas Wynman, menulis sebuah catatan bahwa olahraga renang modern pertama kali lahir pada tahun 1538.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.