Kompas.com - 15/01/2022, 08:44 WIB
|

KOMPAS.com - Hingga kini, musim hujan belum juga usai. Terkadang hujan, terkadang pula cuaca cerah. Meski begitu, ancaman penyakit di musim hujan masih mengintai.

Dua di antaranya adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan leptospirosis. Penyakit ini tentu sering terjadi pada musim hujan.

Terkait hal itu, epidemiologist FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Citra Indriani, M.P.H., membahas dalam perbincangan santai sore bersama RAISA Radio, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Tips Hindari Penyakit Psikosomatis bagi Lansia

Dokter Citra menghimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa penyakit yang berpotensi muncul saat musim penghujan yaitu ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab, saat musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi," ujarnya seperti dikutip dari laman FKKMK UGM.

Untuk itulah, upaya pencegahan dengan 3M menjadi penting, yakni:

  • menguras
  • menutup
  • mengubur

Hal ini dianggap Citra perlu diperhatikan masyarakat agar bisa mencegah DBD. Selain itu, juga diikuti dengan langkah lainnya seperti:

  • menggunakan lotion anti nyamuk
  • rajin membersihkan tubuh
  • menggunakan kelambu guna menghindari gigitan nyamuk Aedes Aegypty

Upayanya ialah seperti menguras bak mandi, vas bunga di kamar mandi, water dispenser, menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan baju panjang.

Serta rajin membersihkan badan walaupun tidak bepergian ke manapun juga menjadi salah satu cara menghindari gigitan nyamuk.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Selain demam berdarah, Citra menyebutkan leptospirosis juga menjadi penyakit yang banyak timbul saat musim penghujan, terutama di daerah yang banyak terdapat genangan air atau kondisi banjir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.